Ketua DPR Harap Kemendikbud dan Kominfo Segera Selesaikan Hambatan UNBK

Jakarta, MINA – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo berharap sinergi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan () dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) dapat segera menyelesaikan beberapa hambatan pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer ().

Pasalnya, berdasarkan pantauan pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut, pelaksanaan UNBK tahun ini belum sepenuhnya dapat diikuti oleh seluruh siswa. Sebanyak 39% peserta ujian masih berbasis kertas dan pensil (UNKP).

“Belum terwujudnya UNBK secara menyeluruh dikarenakan jaringan internet yang belum terjangkau di sejumlah daerah. Di Pulau Jawa sekalipun, belum semua sekolah bisa mengikuti UNBK, contohnya di Kabupaten Garut. Karena masih ada wilayah yang belum terjangkau internet, hanya 48% siswa Garut yang bisa mengikuti UNBK,” jelas Bamsoet dalam siaran persnya, Senin (25/3).

Menurut Bamsoet, perlu ada keberanian dari pemerintah untuk menetapkan target agar semua peserta ujian bisa mengikuti UNBK.

“Untuk target itu, sinergi Kemendikbud dan menjadi sangat penting. Minimal, Kemendikbud memberikan data dan informasi tentang daerah atau wilayah yang belum terjangkau jaringan internet (blankspot). Informasi dari Kemendikbud itu hendaknya segera ditindaklanjuti oleh Kominfo,” ujarnya.

Hambatan pelaksanaan UNBK tentu layak dikaitkan dengan progres proyek Palapa Ring barat, tengah dan timur. Publik telah diberi pemahaman bahwa proyek Palapa Ring akan mewujudkan Indonesia Merdeka Sinyal. Sebab, proyek Palapa Ring menyediakan kabel fiber optik yang memungkinkan penyediaan akses internet berdaya jangkau Indonesia bagian Barat, Tengah dan Timur.

“Semoga pemerintah dapat segera merampungkan proyek Palapa Ring dengan semua aspek pendukungnya agar pada tahun mendatang tidak ada lagi faktor yang menghambat UNBK di seluruh wilayah Tanah Air,” pungkas politisi Partai Golkar itu. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.