Khutbah Jumat: Palestina Sumber Kedamaian (oleh Imaam Yakhsyallah Mansur)

๏ทฝ

Khutbah ke-1:

ุฅู†ูŽู‘ ุงู„ู€ุญูŽู…ู’ุฏูŽ ู„ูู„ู‘ูฐู‡ู ู†ูŽู€ุญู’ู…ูŽุฏูู‡ู ูˆูŽู†ูŽุณู’ุชูŽุนููŠู’ู†ูู‡ู ูˆูŽู†ูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑูู‡ูุŒ ูˆูŽู†ูŽุนููˆุฐู ุจูุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ู…ูู†ู’ ุดูุฑููˆุฑู ุฃูŽู†ู’ููุณูู†ูŽุง ูˆูŽู…ูู†ู’ ุณูŽูŠูู‘ุฆูŽุงุชู ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ูู†ูŽุง ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽู‡ู’ุฏูู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ููŽู„ูŽุง ู…ูุถูู„ู‘ูŽ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูุถู’ู„ูู„ู’ ููŽู„ูŽุง ู‡ูŽุงุฏููŠูŽ ู„ูŽู‡ูุŒ ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ุงูŽู‘ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ู„ูŽุง ุดูŽุฑููŠู’ูƒูŽ ู„ูŽู‡ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ูŽู‘ ู…ูู€ุญูŽู…ูŽู‘ุฏุงู‹ ุนูŽุจู’ุฏูู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูู‡ุŒ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุตูŽู„ูู‘ ูˆ ุณูŽู„ูู‘ู…ู’ ูˆูŽุจุงุฑููƒู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽูŠูู‘ุฏูู†ุง ู…ูุญูŽู…ู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุงูฐู„ูู‡ู ูˆูŽุฃุตู’ุญุงุจูู‡ู ูˆูŽุงู„ุชูŽู‘ุงุจูุนูŠู†ูŽ ุจูุฅุญู’ุณุงู†ู ุฅู„ูŽู‰ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุฏูู‘ูŠู†ุŒ ุฃูŽู…ูŽู‘ุง ุจูŽุนู’ุฏู: ููŽูŠูŽุง ุฃูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ุฅูุฎู’ูˆูŽุฉ ุฃูˆู’ุตููŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽู†ูŽูู’ุณููŠู’ ุจูุชูŽู‚ู’ูˆูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุทูŽุงุนูŽุชูู‡ู ู„ูŽุนูŽู„ูŽู‘ูƒูู…ู’ ุชููู’ู„ูุญููˆู’ู†ู’ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ู‰ูŽ ูููŠ ุงู’ู„ู‚ูุฑู’ุงู†ู ุงู’ู„ูƒูŽุฑููŠู…ู’: ุฃูŽุนููˆุฐู ุจูุงู„ู„ู‘ูŽูฐู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู†ู ุงู„ุฑู‘ูŽุฌููŠู…ู. ย ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุงุชูŽู‘ู‚ููˆุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ุญูŽู‚ูŽู‘ ุชูู‚ูŽุงุชูู‡ู ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽู…ููˆุชูู†ูŽู‘ ุฅูู„ูŽู‘ุง ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู†ูŽุŒ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ูŽู†ู‘ูŽุจููŠู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ .ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซู ูƒูุชูŽุงุจู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูุŒ ูˆูŽุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ุงู„ู’ู‡ูŽุฏู’ูŠู ู‡ูŽุฏู’ูŠู ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏูุŒ ูˆูŽุดูŽุฑู‘ูŽ ุงู„ุฃูู…ููˆุฑู ู…ูุญู’ุฏูŽุซูŽุงุชูู‡ูŽุงุŒ ูˆูŽูƒูู„ู‘ูŽ ู…ูุญู’ุฏูŽุซูŽุฉู ุจูุฏู’ุนูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽูƒูู„ู‘ูŽ ุจูุฏู’ุนูŽุฉู ุถูŽู„ุงูŽู„ูŽุฉูŒุŒ ูˆูŽูƒูู„ู‘ูŽ ุถูŽู„ุงูŽู„ูŽุฉู ูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู.

Mengawali khutbah ini, marilah kita senantiasa bersyukur kepada Allahย Subhanahu wa Taโ€™ala atas semua nikmat yang terus-menerus dianugerahkan kepada kita semua.

Salah satu nikmat utama yang Allahย Subhanahu wa Taโ€™ala berikan adalah nikmat perdamaian di negeri kita tercinta ini. Dengan perdamaian itu, kita bisa beribadah dengan tenang dan nyaman, bangsa kita mampu membangun negeri dengan lancar, tanpa penjajahan dan intervensi asing.

Maka, marilah kita terus memelihara dan melestarikan nikmat perdamaian ini, dengan senantiasa meningkatkan iman dan takwa sehingga Allah membuka pintu-pintu keberkahan untuk negeri kita tercinta.

Pada saat yang sama, kita juga harus mengupayakan perdamaian dunia dan menentang segala bentuk penjajahan di negeri manapun. Karena hal itu jelas-jelas bertentangan dengan nilai-nilai Islam yang memberikan kemanan dan kedamaian.

Maโ€™asyiral Muslimin, hafidzakumullah

Pada kesempatan khutbah Jumat ini, marilah kita merenungkan firman Allah Subhanahu wa Taโ€™ala dalam surah Al-Mukminun [23] ayat ke-50:

ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ุงุจู’ู†ูŽ ู…ูŽุฑู’ูŠูŽู…ูŽ ูˆูŽุฃูู…ู‘ูŽู‡ู ุขูŠูŽุฉู‹ ูˆูŽุขูˆูŽูŠู’ู†ูŽุงู‡ูู…ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ุฑูŽุจู’ูˆูŽุฉู ุฐูŽุงุชู ู‚ูŽุฑูŽุงุฑู ูˆูŽู…ูŽุนููŠู†ูย  (ุงู„ู…ุคู…ู†ูˆู† [ูขูฃ]: ูฅู )

โ€œDanย telah Kami jadikanย (Isa)ย Putraย Maryam beserta ibunya suatu bukti yang nyata bagiย (kekuasaan Kami),ย dan Kami melindungi mereka berdua di suatu tanah tinggi yang datar yang banyak memiliki padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir.โ€

Syaikh Imaduddin Abu Fidaโ€™ Ismail Ibnu Katsir, atau yang kita kenal dengan nama Ibnu Kastir, dalam tafsirnya menjelaskan ayat di atas, mengutip pendapat dari Ad-Dahhak dan Qatadah, bahwa yang dimaksud dengan ุฑูŽุจู’ูˆูŽุฉู ุฐูŽุงุชู ู‚ูŽุฑูŽุงุฑู ูˆูŽู…ูŽุนููŠู†ู (tanah tinggi yang datar, memiliki banyak padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir) yakni Baitul Maqdis, di negeri .

Padang rumput melambangkan sumber makanan bagi manusia dan tempat hidup hewan ternak, sementara sumber air yang bersih adalah simbol kehidupan umat manusia. Keberadaannya menjadi kebutuhan pokok bagi keberlangsungan hidup manusia dan hewan-hewan.

Menjaga, merawat dan melestarikan sumber kehidupan manusia menjadi hal yang wajib dilakukan oleh seluruh umat manusia. Maka menjaga dan melindungi bumi Palestina juga menjadi kewajiban bagi setiap manusia yang menginginkan perdamaian dan kelestarian generasi sesudahnya.

Sebaliknya, merusaknya, atau membiarkan bumi Palestina dirusak oleh orang-orang jahat dan dzalim bertentangan dengan fitrah manusia itu sendiri yang ingin hidup lestari.

Maโ€™asyiral Muslimin, hafidzakumullah

Perdamaian merupakan syarat utama bagi terwujudnya ketenangan dan ketentraman dalam kehidupan bermasyarakat. Hal itu selaras dengan tujuan diturunkannya syariat Islam (maqasidus syariโ€™ah) yakni melindungi harta, jiwa dan kehormatan manusia.

Menciptakan perdamaian dan kerukunan antar sesama manusia sesungguhnya merupakan tugas dan tanggung jawab semua manusia, terutama kita umat Islam.

Jika ada suatu negeri di dunia ini yang masih terjadi penjajahan, kedzaliman, dan diskriminasi, maka tugas kita semua menghapuskannya, karena hal itu jelas bertentangan dengan ajaran Islam, tidak sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan yang universal.

Membangun perdamaian merupakan salah satu misi utama diutusnya Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi Wasallam. Melalui dakwah beliau, dua suku (Aus dan Khajraj) yang saling berperang selama ratusan tahun mampu dipersatukan dan mereka menjadi bersaudara.

Dengan perdamaian itu, mereka mampu bersinergi, bekerja sama membangun kota Yatsrib yang dulunya suram menjadi Madinatul Munawarah, kota yang aman, damai, berperadaban tinggi, disinari cahaya Islam yang sempurna.

Perbedaan suku, bahasa dan ras bukanlah halangan bagi manusia untuk bersatu dan saling bekerja sama. Adanya ragam perbedaan di antara manusia agar mereka bisa saling melengkapi, bukan saling mencaci, mengintimidasi, apalagi saling mempersekusi.

Segala hal yang berpotensi memicu terjadinya ketegangan sosial hendaknya mampu diselesaikan secepatnya agar tidak terjadi saling curiga, saling menyalahkan dan akhirnya terjadi kekacauan, permusuhan dan peperangan.

Maโ€™asyiral Muslimin, hafidzakumullah

Ada dua hal penting yang menjadi prinsip dasar dalam membangun perdamaian:

Pertama, adanya pemimpin yang ditaati. Seorang pemimpin akan memutuskan perkara sesuai tuntunan syariat, dan sesuai peraturan dan undang-undang yang telah disepakati bersama.

Pemimpin harus bersikap tawasuth (tidak keras, juga tidak lembek), tawazun (tidak condong dan berat sebelah) dan objektif (memutuskan perkara sesuai fakta, tidak berdasarkan opini).

Kedua, prinsip keadilan. Perdamaian rasanya sulit terwujud jika tidak ditegakkan keadilan. Siapa pun yang bersalah harus dinyatakan salah dan diberi hukuman. Sementara pihak yang benar harus dinyatakan benar dan diberikan hak-haknya, tidak dikurangi sedikitpun.

Ketiga, saling memaafkan. Dengan keterbukaan hati untuk saling memaafkan kesalahan, semata-mata berharap ridha dan ampunan Allah Subhanahu wa Taโ€™ala semata, maka kedua belah pihak akan mendapat curahan kasih sayang Allah Taโ€™ala, dapat kembali akur, mampu bersinergi dan bekerja sama membangun kehidupan bermasyarakat.

Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam bersabda:

ู…ูŽุงู†ูŽู‚ูŽุตูŽุชู’ ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูŒ ู…ูู†ู’ ู…ูŽุงู„ู ูˆูŽู…ูŽุง ุฒูŽุงุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุนูŽุจู’ุฏู‹ุง ุจูุนูŽูู’ูˆู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุนูุฒู‘ู‹ุง ูˆูŽู…ูŽุง ุชูŽูˆูŽุงุถูŽุนูŽ ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ู„ูู„ู‘ูฐู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฑูŽููŽุนูŽู‡ู ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู (ุฃุฎุฑุฌู‡ ู…ุณู„ู…)

โ€œTidaklah sedekah itu mengurangi harta. Tidaklah seseorang yang memberi maaf pada orang lain melainkan itu merupakan kemulian baginya, dan tidaklah seorang hamba yang tawadhu, kecuali Allah akan angkat derajatnya.โ€ (HR Muslim)

Maโ€™asyiral Muslimin, hafidzakumullah

Hari ini kita masih menyaksikan penjajahan terjadi di Palestina. Zionis Israel merampas tanah, mengusir warga dan membombardir mereka yang melakukan perlawanan demi mendapatkan kembali hak-hak mereka.

Maka, menjadi tugas dan kewajiban kita sebagai umat Islam dan sebagai warga dunia untuk mencegah penjajahan, perampasan, pengusiran dan pembantaian (genosida) terus terjadi di bumi Palestina.

Umat Islam harus mengerahkan segala daya dan upaya, agar bumi Palestina kembali damai. Zionis Israel harus menyerahkan kembali tanah yang mereka rebut kepada pemilik aslinya, rakyat Palestina dan Masjidil Aqsa harus kembali ke pangkuan kaum Muslimin.

Di bawah kepemimpinan kaum Muslimin lah, kehidupan di bumi Palestina merasakan kedamaian sejati. Hal itu diakui sendiri oleh para pemimpin gereja dan masyarakat di Yerusalem.

Pendiri Ikatan Ulama Palestina, Prof Dr Muraweh Mousa Nassar menyatakan, jantungnya dunia adalah Palestina. Jantungnya Palestina adalah Al-Quds, dan jantungnya Al-Quds adalah Masjidil Aqsa. Siapa pun bangsa yang menguasainya, maka mereka akan menguasai dunia.

Palestina adalah simbol perdamaian di dunia. Jika Palestina berada di bawah pemimpin yang bijak, maka aman dan damai lah dunia seluruhnya. Namun jika Palestina dikusai penjahat, maka rusak dan hancur lah dunia.

Jika hari ini Zionis Yahudi menguasai Palestina, mengangkangi Baitul Maqdis dan Masjidil Aqsa, maka kekacauan dan peperangan di bumi Palestina dan suluruh dunia akan terus terjadi. Maka, untuk menghentikan berbagai kekejaman Zionis Yahudi tersebut, umat Islam lah yang harus tampil memimpin perjuangan ini, membebaskan bumi Palestina dari penjajahan dan kedzaliman.

Sayyidina Umar bin Khatab Radhiallahu anhu mampu membebaskan Al-Quds dari tangan Romawi. Shalahuddin Al-Ayubi mampu mengalahkan pasukan Salib yang menguasai Yerusalem, maka saatnya umat Islam saat ini tampil melawan hegemoni Zionis Yahudi di Palestina.

Pertolongan Allah Taโ€™ala pasti akan diberikan kepada umat Islam yang bersungguh-sungguh membela kebenaran, menegakkan keadilan dan menghapus segala bentuk kedzaliman di muka bumi.

Umat Islam bersama dengan masyarakat serta organisasi internasional harus bergerak berjamaah, melakukan langkah konkret dengan bekerja sama untuk menghapus penjajahan, menghentikan kejahatan-kejahatan Zionis terhadap Palestina.

Aksi genosida harus dihentikan. Keadilan dan perdamaian harus segera diwujudkan, masyarakat sipil secepatnya diselamatkan, kemerdekaan dan kedaulatan Palestina segera direalisasikan. dan Masjid Al-Aqsa dikembalikan ke pangkuan umat Islam.

Semoga Allah Subhanahu wa Taโ€™ala memberi kekuatan kepada umat Islam untuk mewujudkan perdamaian di Palestina. Damai di Palestina, damai di dunia. Salam fii Filistin, salam fil alam. Amiin Ya Rabbal Alamiin.

ุจูŽุงุฑูŽูƒูŽ ุงู„ู„ู‡ู ู„ููŠู’ ูˆูŽู„ูŽูƒูู…ู’ ูููŠ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ู ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู’ู…ูุŒ ูˆูŽู†ูŽููŽุนูŽู†ููŠู’ ูˆูŽุฅููŠูŽู‘ุงูƒูู…ู’ ุจูู…ูŽุง ูููŠู’ู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู’ู„ุขูŠูŽุงุชู ูˆูŽุงู„ุฐูู‘ูƒู’ุฑู ุงู„ู’ุญูŽูƒููŠู’ู…ู. ุฃูŽู‚ููˆู’ู„ู ู‚ูŽูˆู’ู„ููŠู’ ู‡ูŽูฐุฐูŽุง ูˆูŽุฃูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑููˆุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู’ู…ูŽ . ุงูู†ู‘ูŽู‡ู— ู‡ููˆูŽ ุงู„ู’ุจูŽุฑู‘ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู…ู.

Khutbah kedua:ย 

ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูฐู‡ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ุงูŽู…ูŽุฑูŽู†ูŽุง ุจูู„ูุฒููˆู’ู…ู ุงู’ู„ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉูุŒ ูˆูŽู†ูŽู‡ูŽุงู†ูŽุง ุนูŽู†ู ุงู’ู„ุงูุฎู’ุชูู„ูŽุงูู ูˆูŽุงู„ุชูŽููŽุฑู‘ูู‚ูŽุฉู ุŒ ูˆูŽุงู’ู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ูˆูŽุงู„ุณู‘ูŽู„ุข ู…ู ุนูŽู„ูฐู‰ ู…ูุญูŽู…ู‘ุฏู ู†ูŽุจููŠู‘ู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽุฉูุŒ ูˆูŽุนูŽู„ูฐู‰ ุงูฐู„ูู‡ู ูˆูŽุงูŽุตู’ุญูŽุง ุจูู‡ู ู‡ูุฏูŽุงุฉู ุงู’ู„ุงูู…ู‘ูŽุฉูุŒ ุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏู. ููŽูŠูŽุขูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู’ู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููˆู’ู†ูŽุŒ ุงููˆู’ุตููŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽู†ูŽูู’ุณูู‰ ุจูุชูŽู‚ู’ูˆูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ููŽู‚ูŽุฏู’ ููŽุงุฒูŽ ุงู’ู„ู…ูุชู‘ูŽู‚ููˆู’ู†ูŽุŒ ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุนุงูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽุนููˆู’ุฐู ุจูุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ูŽู‘ุดูŠู’ุทูŽุงู†ู ุงู„ุฑูŽู‘ุฌููŠู’ู…ย  ุŒุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ูˆูŽู…ูŽู„ุขุฆููƒูŽุชูŽู‡ู— ูŠูุตูŽู„ู‘ููˆู’ู†ูŽ ุนูŽู„ู‰ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจูู‰ ูŠุข ุงูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆู’ุง ุตูŽู„ู‘ููˆู’ุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูู…ููˆู’ุง ุชูŽุณู’ู„ููŠู’ู…ู‹ุง. ุงูŽู„ู„ูŽูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุตูŽู„ูู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูƒูŽู…ูŽุง ุตูŽู„ูŽู‘ูŠู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽุŒ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุญูŽู…ููŠู’ุฏูŒ ู…ูŽุฌููŠู’ุฏูŒ. ูˆูŽุจูŽุงุฑููƒู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูƒูŽู…ูŽุง ุจูŽุงุฑูŽูƒู’ุชูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุขู„ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽุŒ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุญูŽู…ููŠู’ุฏูŒ ู…ูŽุฌููŠู’ุฏูŒ.

ุงูŽู„ู„ู‡ูู…ู‘ูŽ ุงุบู’ููุฑู’ ู„ูู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงู’ู„ู…ูุคู’ู…ูู†ูŽุงุชู ูˆูŽุงู’ู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงู’ู„ู…ูุณู’ู„ูู…ูŽุงุชู ุงูŽู„ุงูŽุญู’ูŠุขุกู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ูˆูŽุงู’ู„ุงูŽู…ู’ูˆูŽุงุชูุŒ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุงู†ู’ุตูุฑู’ ุงูุฎู’ูˆูŽุงู†ูŽู†ูŽุข ุงู„ู’ู…ูุฌูŽุงู‡ูุฏููŠู’ู†ูŽ ููู‰ ููู„ูุณู’ุทููŠู’ู†ู ูˆูŽููู‰ ูƒูู„ู‘ู ู…ูŽูƒูŽุงู†ู .ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุนูุฒู‘ูŽ ุงู’ู„ุฅูุณู’ู„ุงูŽู…ูŽ ูˆูŽุงู’ู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุฃูŽุฐูู„ู‘ูŽ ุงู„ุดู‘ูุฑู’ูƒูŽ ูˆูŽุงู’ู„ู…ูุดู’ุฑููƒููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงู†ู’ุตูุฑู’ ุนูุจูŽุงุฏูŽูƒูŽ ุขู’ู„ู…ููˆูŽุญู‘ูุฏููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงู†ู’ุตูุฑู’ ู…ูŽู†ู’ ู†ูŽุตูŽุฑูŽ ุงู„ุฏู‘ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงุฎู’ุฐูู„ู’ ู…ูŽู†ู’ ุฎูŽุฐูŽู„ูŽ ุงู’ู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽ ุฏูŽู…ู‘ูุฑู’ ุฃูŽุนู’ุฏูŽุงุกูŽ ุงู„ุฏู‘ููŠู’ู†ู ูˆูŽุงุนู’ู„ู ูƒูŽู„ูู…ูŽุงุชููƒูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ุฏู‘ููŠู’ู†ู. ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุงูŽู„ู‘ููู’ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ู‚ูู„ููˆู’ุจู ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงุฌู’ู…ูŽุนู’ ูƒูŽู„ูู…ูŽุชูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽุณูŽูˆู‘ูุตููููˆู’ููŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽูˆูŽุญู‘ูุฏู’ ุงูŽุฑูŽุงุฃูŽู‡ูู…ู’ ุจูููŽุถู’ู„ููƒูŽ ูŠูŽุงุฃูŽุฑู’ุญูŽู…ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุงุญูู…ููŠู’ู†ูŽ .ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุงุฏู’ููŽุนู’ ุนูŽู†ู‘ูŽุง ุงู’ู„ุจูŽู„ุงูŽุกูŽ ูˆูŽุงู’ู„ูˆูŽุจูŽุงุกูŽ ูˆูŽุงู„ุฒู‘ูŽู„ุงูŽุฒูู„ูŽ ูˆูŽุงู’ู„ู…ูุญูŽู†ูŽ ูˆูŽุณููˆู’ุกูŽ ุงู’ู„ููุชู’ู†ูŽุฉู ูˆูŽุงู’ู„ู…ูุญูŽู†ูŽ ู…ูŽุง ุธูŽู‡ูŽุฑูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ูˆูŽู…ูŽุง ุจูŽุทูŽู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุจูŽู„ูŽุฏูู†ูŽุงู‡ูŽุฐูŽุง ุฎุขุตู‘ูŽุฉู‹ ูˆูŽุณูŽุงุฆูุฑู ุงู’ู„ุจูู„ู’ุฏูŽุงู†ู ุงู’ู„ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู’ู†ูŽ ุนุขู…ู‘ูŽุฉู‹ ุŒ ูŠูŽุง ุฑูŽุจู‘ูŽ ุงู’ู„ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู’ู†ูŽ. ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ุธูŽู„ูŽู…ู’ู†ูŽุง ุงูŽู†ู’ููุณูŽู†ูŽุง ูˆูŽุฅู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽุบู’ููุฑู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูˆูŽุชูŽุฑู’ุญูŽู…ู’ู†ูŽุง ู„ูŽู†ูŽูƒููˆู’ู†ูŽู†ู‘ูŽ ู…ูู†ูŽ ู„ุฎูŽุงุณูุฑููŠู’ู†ูŽ. ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ุขุชูู†ุงูŽ ููู‰ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู‹ ูˆูŽููู‰ ุงู’ู„ุขุฎูุฑูŽุฉู ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู‹ ูˆูŽู‚ูู†ูŽุง ุนูŽุฐูŽุงุจูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู.

ย ุนูุจูŽุงุฏูŽุงู„ู„ู‡ู! ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ูŠูŽุฃู’ู…ูุฑู ุจูุงู’ู„ุนูŽุฏู’ู„ู ูˆูŽุงู’ู„ุฅูุญู’ุณูŽุงู†ู ูˆูŽุฅููŠู’ุชุขุกู ุฐููŠ ุงู’ู„ู‚ูุฑู’ุจู‰ูŽ ูˆูŽูŠูŽู†ู’ู‡ูŽู‰ ุนูŽู†ู ุงู’ู„ููŽุญู’ุดุขุกู ูˆูŽุงู’ู„ู…ูู†ู’ูƒูŽุฑู ูˆูŽุงู’ู„ุจูŽุบู’ูŠู ูŠูŽุนูุธููƒูู…ู’ ู„ูŽุนูŽู„ู‘ูŽูƒูู… ุชูŽุฐูŽูƒู‘ูŽุฑููˆู’ู†ูŽ ูˆูŽุงุฐู’ูƒูุฑููˆุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ุงู’ู„ุนูŽุธููŠู’ู…ูŽ ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุงุดู’ูƒูุฑููˆู’ู‡ู ุนูŽู„ู‰ูŽ ู†ูุนูŽู…ูู‡ู ูŠูŽุฒูุฏู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽุฐููƒู’ุฑู ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู.

(A/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Chamid Riyadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.