Khuthbah Jumat: Tiga Tindakan Dahsyat Jaga Persatuan Ummat

Oleh: Hidayaturrahman, S.Pd.I., Khatib Masjid An-Nubuwwah, Ketua Lembaga Bimbingan Ibadah dan Penyuluhan Islam (LBIPI) Lampung.

 

إِنَّ الْحَمْدَ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ،

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسۡلِمُونَ

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَقُولُواْ قَوۡلٗا سَدِيدٗا يُصۡلِحۡ لَكُمۡ أَعۡمَٰلَكُمۡ وَيَغۡفِرۡ لَكُمۡ ذُنُوبَكُمۡۗ وَمَن يُطِعِ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ فَقَدۡ فَازَ فَوۡزًا عَظِيمًا  

Hadirin Jamaah Jumat rahimakumullah

Alhamdulillah, segala puji tentu hanya milik Allah Tuhan alam semesta dan seisinya. Marilah kita jaga dan tingkatkan takwa kita kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepada-Nya.

Takwa dalam artian, selalu berusaha menjalankan perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya, mentaati segala arahan-Nya dan tidak memaksiati-Nya, berdzikir ingat kepada-Nya dan tidak melupakan-Nya, serta senantiasa mensyukuri-Nya dan tidak mengkufuri-Nya.

Maasyiral Muslimin Sidang Jum’ah Rahimakumullah

Mensikapi fenomena akhir-akhir ini di negeri kita, serta sejarah perjalanan Umat Islam di Indonesia, Maka khotib perlu mengingatkan kembali bahwa

Pertama :

Umat Islam harus punya sikap Robitu/Ribath menjaga diri dan kepentingan Umat Islam secara menyeluruh yang terus berkesinambungan dari segala bentuk ancaman. di antara sikap Ribath tersebut adalah:

  • Sikap yang teguh dan penuh kendali diri agar tidak mudah terpengaruh apalagi terpancing dan hanyut terbawa situasi yang memang diciptakan oleh kaum kuffar untuk memperdaya umat Islam. Agar diperhatikan perintah Allah dalam Surah Ali Imran : 196 – 197 :

لَا یَغُرَّنَّكَ تَقَلُّبُ ٱلَّذِینَ كَفَرُوا۟ فِی ٱلۡبِلَـٰدِ ۝  مَتَـٰعقَلِیلثُمَّ مَأۡوَىٰهُمۡ جَهَنَّمُۖ وَبِئۡسَ ٱلۡمِهَادُ

[Surat Ali ‘Imran 196 – 197]

“Janganlah sekali-kali kamu terperdaya oleh kebebasan orang-orang kafir bergerak di dalam negeri. Itu hanyalah kesenangan sementara, kemudian tempat tinggal mereka ialah Jahannam; dan Jahannam itu adalah tempat yang seburuk-buruknya”

  • Menguatkan sikap sabar dan waspada (robithu) serta terus meningkatkan Taqwallah sebagai mentalitas dasar kita saat mengambil tindakan yang tepat di segala situasi agar kita layak diberi kemenangan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala meskipun jumlah kita sedikit dengan sumberdaya yang sangat terbatas. Mentalitas inilah yang diperintahkan Allah dalam Surah Ali Imran : 200 :

(یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ ٱصۡبِرُوا۟ وَصَابِرُوا۟ وَرَابِطُوا۟ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ)

[Surat Ali ‘Imran 200]

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (robithu di segala situasi) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat kemenangan”

Kedua

Hendaknya Umat Islam terus memupuk persatuan dan ukhuwah Islamiyah yang solid

Allah berfirman :

(إِنَّمَا ٱلۡمُؤۡمِنُونَ إِخۡوَةفَأَصۡلِحُوا۟ بَیۡنَ أَخَوَیۡكُمۡۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُونَ)

[Surat Al-Hujurat 10]

Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara, maka kuatkanlah persaudaraan (ukhuwah) di antara kalian,Bertakwalah agar kalian mendapatkan Rahmat.

Jamaah Jum’ah Rohimakumullah

Musuh-musuh Islam berusaha keras untuk melemahkan umat Islam dengan cara melempatkan issue-issue, rumor dan berita-berita bohong (hoax) yang bisa mengadu domba sesama umat Islam dan antara umat Islam dengan pihak Pemerintah atau aparat terutama TNI dan POLRI.  Adalah kewajiban umat Islam untuk saling mengingatkan dan menasehati dalam semangat ukhuwah dan saling melindungi sesama umat Nabi Muhammad Sholallahu ‘alayhi wassalam.

Ketiga

Bahwa komunisme bahkan ideologi apapun yang memusuhi Islam akan terus ada sepanjang zaman.  Hendaknya kita TIDAK menghabiskan energi dan waktu kita dengan bersikap reaktif terhadap provokasi para pendukung ideologi-ideologi tersebut.  Berbagai ideologi tersebut hendaknya dilihat sebagai instrumen atau alat dari kaum yang betul-betul memusuhi Islam dan muslimin dari zaman ke zaman yaitu kaum Yahudi (berikut semua bentuk organisasi dan paham/ideologi yang mereka ciptakan: komunisme, kapitalisme, femininisme, pluralisme,  liberalisme, zionisme, dst).  Hendaknya diperhatikan betul peringatan Allah tentang kebencian struktural dan abadi kaum Yahudi sebagaimana tersebut dalam surah Al Maidah: 82

لَتَجِدَنَّ أَشَدَّ ٱلنَّاسِ عَدَ ٰ⁠وَةلِّلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ ٱلۡیَهُودَ وَٱلَّذِینَ أَشۡرَكُوا۟ۖ

الآية….

[Surat Al-Ma’idah 82]

“Sungguh akan kalian dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman adalah orang-orang Yahudi dan orang-orang yang mempersekutukan Allah (musyrik)”

Jamaah Jum’ah Rohimakumullah,

Semoga Allah senantiasa melindungi dan mencurahkan Rahmat Nya kepada kita..

بارك الله لي ولكم ونفعني وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم أقول قولي هذا فاستغفروه إنه هو الغفور الرحيم

 

(A/R12/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)