Kirab Pemuda Start Dari Titik Nol Indonesia

, MINA – Sebanyak 68 peserta dari 34 provinsi se-Indonesia memulai perjalanan dari pulau Sabang, Aceh dan akan finish di Jakarta. Para peserta nantinya akan melewati sejumlah provinsi di wilayah barat Indonesia.

“Kita mulai dari titik nol Indonesia dan finish di Jakarta, selama perjalanan, kami juga akan singgah di setiap provinsi di Indonesia Barat,” ujar Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Faisal Abdullah, Rabu (5/9).

Faisal mengatakan, selama perjalanan, pihaknya juga memiliki sejumlah agenda penting, seperti keberagaman agama dan potensi pemuda nusantara. Dalam kegiatan keberagaman, para pemuda diminta untuk membaca kitab suci berdasarkan agama masing-masing di satu tempat.

Selanjutnya kirab pemuda juga untuk meningkatkan kreatifitas pemuda, budaya dan juga ekonomi, guna mempersiapkan generasi emas Indonesia, tahun 2045 mendatang.

“Ada banyak agenda, dua di antaranya, membaca tujuh kitab suci agama oleh pemuda dengan masing-masing kepercayaan, ini juga nantinya mendapat Guinnes World Records, karena tahun lalu kita pecahkan record juga,” pungkas Faisal.

Kirab Pemuda merupakan perjalanan 68 wakil pemuda seluruh provinsi di Indonesia yang akan melewati seluruh wilayah nusantara, dari Sabang sampai Merauke. Mereka dibagi ke dalam dua tim yang bergerak melintasi zona Barat dan Timur.

Zona Barat akan dimulai dari Sabang pada hari ini 5 September, sementara zona Timur akan mulai dari Merauke pada 7 September. Setiap tim masing-masing melewati 17 provinsi dan mereka akan bertemu di DKI Jakarta sebagai lokasi puncak kegiatan pada pertengahan November mendatang. (L/Ap/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.