Kominfo Dorong Pejabat Kuasai Teknologi untuk Indonesia Emas

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Kominfo, Arief Tri Hardiyanto, saat memimpin Upacara Peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Mei 2024. (Foto: infopublik.id)

Jakarta, MINA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong jajaran pejabat dan pegawainya untuk menguasai teknologi digital terkini sebagai bekal untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Anjuran itu disampaikan oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Kominfo, Arief Tri Hardiyanto, saat memimpin Upacara Peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (22/5).

“Penguasaan atas teknologi (digital) merupakan keniscayaan bagi kita semua untuk menyongsong Indonesia Emas,” ujar Arief yang mewakili Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam upacara tersebut, demikian dikutip dari infopublik.id.

Arief mengatakan, perkembangan teknologi digital telah berkembang pesat melebihi bayangan banyak orang dalam tiga dekade terakhir.

Kemajuan teknologi ini dinilai telah menghadirkan solusi untuk mengatasi berbagai keterbatasan manusia.

Baca Juga:  Ponpes Al-Fatah Ciamis Wisuda 51 Santri

“Teknologi digital telah menebas banyak keterbatasan manusia, dunia seakan mengecil, semua seperti mendekat terpampang di depan mata, jarak bagai tak lagi relevan, kehadiran visual menyempurnakan kehadiran suara,” tutur Arief.

Menurut Irjen Kementerian Kominfo, semua pihak harus memanfaatkan bonus demografi penduduk Indonesia untuk mengembangkan inovasi-inovasi baru.

“Bonus demografi menunjukkan bagaimana 60 persen penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Dia juga mengatakan, upaya untuk menjadi negara maju harus dapat dilakukan dalam 10 hingga 15 tahun ke depan karena kesempatan tersebut hanya datang sekali.

Turut hadir dalam upacara itu, jajaran pimpinan tinggi pratama dan madya serta diikuti perwakilan pegawai Kementerian Kominfo. []

Baca Juga:  IRI-BRGM Indonesia Gelar Pelatihan Jurnalisme untuk Komunitas Agama

Mi’raj News Agency (MINA)