KONVOI BANTUAN PBB MASUKI PERBATASAN SURIAH

(Foto : Anadolu Agency)
(Foto : Anadolu Agency)

Damaskus, 18 Ramadhan 1435/16 Juli 2014 (MINA) – Sebuah konvoian bantuan kemanusiaan dari PBB untuk Suriah telah menyeberangi perbatasan Yordania untuk pertama kalinya sejak negara itu sepenuhnya dibawah kontrol pemerintah.

Pejabat PBB mengatakan, konvoi 20 truk dengan persediaan makanan dan bantuan telah menyeberangi perbatasan Jordan Al-Ramtha ke Suriah sejak Selasa.

Konvoi bantuan akan disampaikan kepada Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi di As-Suwayda, sebuah kota terutama Druze yang terletak di barat daya Suriah. Anadolu melaporkan seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Konvoi bantuan diharapkan dapat menyeberangi perbatasan Jordan Al-Ramtha ke Suriah melalui Al-Ramtha dalam beberapa hari mendatang.

Baca Juga:  Operasi AL Yaman Targetkan Kapal Perusak AS

Dewan Keamanan PBB dalam statemen resminya menyetujui sebuah resolusi yang memungkinkan bantuan untuk menyeberangi perbatasan Suriah  walaupun tanpa ijin dari rezim Bashar al-Assad.

Sejak Februari, jumlah Suriah membutuhkan bantuan telah meningkat. 4,7 juta di antaranya saat ini di luar jangkauan bantuan.

Badan PBB untuk Urusan Kemanusiaan (OCHA) memperkirakan bahwa akses lintas perbatasan dapat memungkinkan PBB untuk membantu 1,3 – 2,5 juta orang.

Sebuah resolusi Dewan Keamanan PBB yang disahkan pada Februari lalu memungkinkan distribusi bantuan ke daerah-daerah diluar kontrol  rezim.

Suriah dilanda perang saudara sejak rezim meluncurkan penumpasan kekerasan dalam menanggapi protes anti-pemerintah pada Maret 2011, memicu konflik berkepanjangan.

Observatorium Suriah yang berbasis di London untuk Hak Asasi Manusia menyebutkan korban tewas lebih dari 162.000 orang, (T/P012/P04)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Baca Juga:  Perlawanan Irak Klaim Serang Sasaran Penting di Israel

 

 

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Comments: 0