Konvoi Militer Turki Mulai Masuk Idlib Suriah

Ilustrasi: . (Foto: Getty Images)

 

Idlib, barat Suriah, MINA – Konvoi militer Turki mulai memasuki provinsi Idlib pada Kamis (12/10) dalam operasi terbarunya, dalam rangka menciptakan , di wilayah barat Suriah itu.

Komandan  Pasukan Oposisi Suriah Merdeka (FSA) Abu Khairo mengatakan, konvoi tersebut mencakup sekitar 30 kendaraan militer yang dikawal oleh aliansi oposisi Tahrir Al-Sham.

“Konvoi tentara Turki masuk di bawah perlindungan Tahrir Al-Sham untuk mengambil posisi di garis depan bersama YPG (Kurdi),” kata pejabat FSA lainnya kepada kantor berita yang berbasis di London. Demikian The New Arab memberitakan yang dikutip MINA, Jumat (13/10).

Foto-foto yang diterbitkan oleh kantor berita Anadolu Agency menunjukkan pula adanya beberapa ambulans, tank dan kendaraan militer di sebuah desa dekat gerbang perbatasan Reyhanli di sisi Turki.

Sebelumnya pada Sabtu lalu, Pemerintah Turki mengatakan bahwa operasi akan berlanjut ke Idlib sejalan dengan kesepakatan yang dibuat dengan Rusia dan Iran pada bulan September untuk menciptakan “zona de-eskalasi” di wilayah barat laut Suriah.

Pasukan Turki mulai memasuki Idlib pada Senin (9/10) sebagai bagian dari misi pengintaian di provinsi yang dikepung oleh oposisi tersebut.

Zona de-eskalasi telah ditetapkan di sekitar Suriah untuk mengatasi bentrokan antara pasukan pemerintah Suriah dan kelompok oposisi. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.