Kota Bawah Tanah Usia 5.000 Tahun Ditemukan di Turki

Cappadocia, , 21 Shafar 1438/21 November 2016 (MINA) – Sebuah kota bawah tanah berusia 5.000 tahun telah ditemukan di daerah bersejarah di Provinsi Nevsehir, Turki.

Pemukiman bawah tanah kuno itu ditemukan di wilayah Angolia pusat negara itu di daerah Cappadocia. Kota itu dianggap yang terbesar dari jenisnya di dunia.

Kepala administrasi pembangunan perumahan Turki, Mehmet Ergun Turan mengatakan bahwa penemuan itu terjadi selama persiapan proyek perumahan di daerah.

“Ini bukan kota bawah tanah yang telah dikenal. Bagian terowongan tujuh kilometer sedang dibahas. Kami menghentikan pembangunan kami di daerah-daerah tersebut ketika kota bawah tanah ditemukan,” kata Turan. Demikian Press TV memberitakan yang dikutip MINA.

Sekitar 44 artefak sejauh ini telah diambil dari situs oleh administrasi untuk pengawetan.

Menurut Hasan Unver, walikota lokal di dekat daerah lokasi, mengatakan bahwa penemuan sebelumnya tidak lebih dari “dapur” dibandingkan dengan kota yang baru ini.

Para ahli mengatakan, wilayah Cappadocia sebelumnya adalah sebuah provinsi Romawi, cocok untuk membangun kota bawah tanah karena batuan vulkaniknya yang lembut.

Kota bawah tanah yang paling terkenal di wilayah tengah Turki bernama Derinkuyu, sebuah kota yang cukup besar untuk menampung ribuan orang. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.