KUOTA HAJI MASIH TERSISA UNTUK 340 ORANG

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU)  Abdul Djamil. Foto: Kemenag
Dirjen Penyelenggaraan dan (PHU) . Foto:

Jakarta, 23 Syawwal 1435/19 Agustus 2014 (MINA) – Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) menyebutkan jamaah haji yang sudah melunasi BPIH per tanggal 18 Agustus 2014 berjumlah 154.860 dari total kuota 155.200 sehingga masih menyisakan kuota untuk 340 orang sampai batas waktu  penutupan empat hari mendatang.

“Kuota haji Indonesia itu sendiri terbagi menjadi dua: kuota jamaah sebesar 154.049 dan kuota petugas sebesar 1151. Artinya, sisa kuota haji sampai dengan penutupan pelunasan kemarin, Senin (18/08), adalah 340 dengan komposisi 334 jamaah dan 6 petugas,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil  sebagaimana diberitakan situs resmi Kemenag, Selasa (19/8).

Masa pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) regular tahap IV untuk kuota yang sudah mencapai 99,78%  itu  tersisa empat hari ke depan, karena akan ditutup pada 22 Agustus 2014.

“Optimis akan sesuai target pada akhir pelunasan 22 Agustus dan mudah-mudahan sesuai harapan bahwa tahapan ini akan sangat meminimalisir sisa kuota yang ada,” kata Abdul Djamil yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Dirjen Bimas Islam.

Abdul Djamil menambahkan, banyak provinsi yang sudah menyelesaikan proses pelunasan BPIH regular. Dari sisa yang ada, sebagian besar adalah kuota Jawa Timur yang masih lebih dari 200 orang.

“Kalaupun masih tersisa juga akan dilakukan upaya terakhir untuk menghabiskan kuota sesuai dengan parameter. Akan dicari formula yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” tambahnya.

Untuk mendorong percepatan pelunasan, Abdul DJamil mengaku akan mengutus Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ahda Barori untuk meninjau langsung ke Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur.

“Saya mengutus Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri untuk ke Kanwil Jatim pada 20 Agustus dengan membawa misi khusus untuk mendorong pengisian kuota di  sana,” ujarnya.

“Bila perlu dengan memanggil para Kankemenag untuk memahami dan mendiskusikan solusi atas kendala yang ada,” tambahnya.

Sebelumnya, dalam kesempatan Silaturahim dan Pembinaan Dirjen PHU dalam rangka persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1435H, Kakanwil Kemenag Provinsi  Jawa Tengah Khaeruddin melaporkan bahwa sisa kuota haji Jawa Tengah tinggal untuk 16 orang dari total 23.717 kuota calon jamah haji.(T/P03/P04/IK)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0