Kurdi Suriah Akan Dukung Zona Penyangga Kesepakatan AS-Turki

Hasakeh, MINA – Kelompok oposisi mengatakan pada Sabtu (24/8), mereka akan mendukung implementasi kesepakatan AS-Turki untuk mendirikan di wilayah mereka di sepanjang perbatasan Turki.

Apa yang disebut “zona aman” yang disepakati oleh Washington dan Ankara awal bulan ini bertujuan menciptakan penyangga antara perbatasan Turki dan wilayah-wilayah Suriah yang dikendalikan oleh Unit Perlindungan Rakyat (YPG) Kurdi, demikian Nahar Net melaporkan.

YPG telah memainkan peran penting dalam pertempuran yang didukung AS melawan kelompok ISIS di Suriah, tetapi Pemerintah Ankara memandang mereka sebagai “teroris”.

Pada Sabtu, Mazloum Kobani, kepala koalisi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin YPG, mengatakan bahwa aliansinya akan mendukung kesepakatan itu.

“Kami akan berusaha untuk memastikan keberhasilan upaya (AS) menuju penerapan pemahaman … dengan negara Turki,” katanya.

“SDF akan menjadi pihak yang positif terhadap keberhasilan operasi ini,” katanya kepada wartawan di kota Hasakeh di timur laut.

Pada 7 Agustus, pejabat Turki dan AS sepakat untuk mendirikan pusat operasi bersama untuk mengawasi penciptaan “zona aman”. (T/RI-1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.