Lebih dari 100 Anggota DPR Demokrat Kritik Rencana Trump

Washington, MINA – Lebih dari 100 anggota DPR AS dari Partai mengeluarkan kritik tajam terhadap rencana yang dikeluarkan Presiden AS Donald Trump untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina, dengan mengatakan, hal itu pada akhirnya akan menyebabkan permusuhan lebih besar jika diberlakukan.

“Rencana Anda akan melukai orang Israel dan Palestina, mendorong mereka ke arah konflik lebih lanjut,” kata surat terbuka yang dipimpin anggota Kongres, Andy Levin dan Alan Lowenthal. Anadolu Agency melaporkan, Jumat (7/2) waktu Washington.

“‘Kesepakatan yang telah disusun tim Anda selama tiga tahun terakhir bukanlah upaya serius atau niat baik untuk membawa perdamaian yang tahan lama dari konflik ini,” tulis anggota Kongres itu dan 105 rekannya.  Trump adalah presiden dari Partai Republik.

“Yang sangat memprihatinkan, proposal Anda secara efektif membuka jalan bagi pendudukan permanen di Tepi Barat,” lanjutnya.

Kritikan tajam merujuk ke Yerusalem sebagai “ibu kota Israel yang tidak terbagi” dan mengakui kedaulatan Israel atas bagian-bagian Tepi Barat. Sementara Palestina hanya ditawari serangkaian wilayah yang dihubungkan oleh jalan dan terowongan jika mereka meninggalkan kekerasan, melucuti Hamas, dan mengakui Israel sebagai negara Yahudi.

Berbagai unsur perjuangan Palestina, baik pemerintah maupun rakyatnya, dan dunia internasional dengan gigih menentang rencana itu, dan mengatakan itu bias dalam mendukung Israel dan semua hanya akan menghancurkan harapan Palestina menjadi negara yang merdeka dan berdaulat pada masa depan. (T/RS2/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.