Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Liaison Officer EMT MER-C: RS Indonesia Hadapi Krisis Serius

sri astuti Editor : Rudi Hendrik - 16 detik yang lalu

16 detik yang lalu

0 Views

Liaison EMT MER-C Marissa Noriti saat akan memasuki Gaza melalui Yordania. (Foto: MER-C)

Gaza, MINA – Liaison Officer Emergency Medical Team (EMT) MER-C di Jalur Gaza, Marissa Noriti, mengatakan bahwa saat ini Rumah Sakit Indonesia sedang menghadapi krisis serius akibat agresi terbaru penjajah Israel di Gaza Utara.

“Saat ini, RS Indonesia sedang menghadapi kekurangan makanan, perlengkapan medis, dan bahan bakar yang serius,” ujar Marissa, dalam keterangan tertulis yang dibagikan MER-C, Jumat (18/10).

Marissa mengatakan, Israel memutus semua pasokan kemanusiaan ke Gaza Utara, melakukan pengeboman, mengancam rumah sakit, menciptakan kelaparan.

“Adakah yang lebih buruk? Sangat sulit memahami mengapa seluruh dunia hanya diam. Kita perlu bertindak sekarang!” tegasnya.

Baca Juga: Al-Qasam Rilis Video Peledakan Terowongan yang Dimasuki Tentara Israel

Ia mengungkap bahan bakar sempat dikirim ke utara, tetapi masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan Rumah Sakit. Marissa mengatakan, menurut perawat lokal saat ini masih ada 80 orang di RS Indonesia, termasuk pasien dan anggota keluarganya, 14 perawat dan dua dokter gawat darurat.

“Empat pasien kritis perlu segera dipindahkan untuk perawatan yang lebih baik di rumah sakit lain karena kurangnya perlengkapan medis. Rumah Sakit hanya dapat menangani anak-anak, luka ringan dan pasien yang sudah ada,” tambahnya.

Sejak Ahad, 6 Oktober, Israel telah memerintahkan tiga rumah sakit di Gaza Utara, termasuk RS Indonesia, Kamal Adwan, dan Al-Awda, untuk melakukan evakuasi dalam waktu 24 jam. Namun, para tenaga kesehatan di RS Indonesia memutuskan untuk tetap tinggal, meskipun itu berarti hanya merawat satu pasien, seperti yang disebutkan oleh seorang perawat.

Marissa juga mengatakan, saat ini dua relawan Indonesia yang sebelumnya tinggal di RS Indonesia, Ir. Edy Wahyudi dan Fikri Rofiul Haq, telah berhasil dievakuasi dengan selamat ke RS Al-Ahli sejak Senin, 7 Oktober.

Baca Juga: UNWRA Bantah Klaim Israel Stafnya Meninggal Bersama Sinwar

“Kemudian, pada Kamis 10 Oktober, tim relawan kami tiba di RS Shifa untuk bertemu dengan konvoi PBB dan juga didukung oleh Cadus, sebuah NGO internasional yang membantu evakuasi relawan kami ke Deir Al-Ballah.

Saat ini ada empat relawan MER-C di Deir Al-Balah, Gaza Tengah, yang semuanya dalam kondisi baik. MER-C juga sedang mempersiapkan pengiriman tim medis ke-6 untuk bertugas ke RS Indonesia, yang rencananya akan dilakukan pada akhir Oktober ini, jika situasi keamanan memungkinkan. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Ahli: Hamas Siap Lanjutkan Perlawanan Meskipun Sinwar Syahid

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Palestina
Palestina
Palestina
Palestina