Lira Turki Capai Rekor Terendah

Ankara, MINA – Mata uang ke rekor terendah pada hari Senin (6/8) setelah pemerintahan Trump mengatakan pihaknya meninjau akses bebas bea masuk Turki ke pasar AS, sebuah langkah yang dapat mempengaruhi 1,7 miliar ekspor Turki, demikian laporan Reuters seperti dikutip MEMO.

Ulasan Perwakilan Perdagangan AS (USTR), diumumkan pada hari Jumat mendatang setelah Ankara memberlakukan tarif pembalasan atas barang-barang AS sebagai tanggapan terhadap tarif Amerika pada baja dan aluminium.

Mata uang Lira telah kehilangan 27 persen dari nilainya tahun ini, dipadatkan terutama oleh kekhawatiran tentang dorongan Presiden Tayyip Erdogan untuk kontrol yang lebih besar atas kebijakan moneter.

Pada hari Senin, jatuh sekitar 5,5 persen ke rekor terendah 5,4250 terhadap dolar, penurunan terbesar dalam hampir 10 tahun.

Pada awal Selasa, Lira menguat sejauh 5,2650 terhadap dolar, setelah penyiar CNN Turk melaporkan bahwa delegasi pejabat Turki akan pergi ke Washington untuk membahas hubungan yang tegang antara kedua sekutu NATO itu.

Aksi jual sebelumnya mendorong bank sentral untuk turun tangan dan melonggarkan batas atas persyaratan cadangan bank. Namun, itu tidak banyak untuk menopang Lira, yang juga mencapai rekor terendah terhadap Euro.

“Taruhan terbaik saat ini adalah untuk mengharapkan kelemahan lebih lanjut di Lira – Turki benar-benar tidak membutuhkan ini,” kata Per Hammarlund, kepala strategi pasar berkembang di SEB.

“Mereka harus berbuat lebih banyak untuk mendukung Lira, tetapi dalam pandangan saya, ini akan berlanjut untuk sementara waktu lebih lama dan Lira akan melakukan pemukulan lagi di sini,” tambahnya.

Kantor Perwakilan Perdagangan AS mengatakan peninjauan itu dapat memengaruhi impor Turki senilai 1,66 miliar dolar AS ke Amerika Serikat yang diuntungkan dari program Generalized System of Preferences tahun lalu. Barang-barang itu termasuk kendaraan bermotor dan suku cadang, perhiasan, logam mulia serta produk batu.

Tidak jelas apakah ada perusahaan besar Turki yang terdaftar akan terpukul. Pemasok komponen otomotif cenderung lebih kecil, perusahaan tidak terdaftar. Indeks utama Istanbul turun 1,5 persen.

Data dari Komisi Perdagangan Internasional AS menunjukkan bahwa penerima manfaat terbesar dari program bebas bea adalah pembuat suku cadang mobil dan otomatis, dengan ekspor hampir $ 250 juta tahun lalu. Itu diikuti oleh batu mulia dan logam, hampir $ 210 juta.

Seorang juru bicara USTR mengatakan peninjauan itu tidak terkait dengan kasus Andrew Brunson, seorang pastor evangelis Amerika yang telah tinggal di Turki selama lebih dari dua dekade dan dituduh mendukung kelompok Ankara menyalahkan atas percobaan kudeta pada tahun 2016. Dia membantah terlibat dalam upaya kudeta.

Hubungan antara sekutu NATO terus memburuk, disesatkan oleh perbedaan pada kebijakan Suriah dan lebih dari persidangan Brunson, memperburuk aksi jual di Lira.

Bank sentral mengatakan langkahnya pada persyaratan cadangan akan membebaskan $ 2,2 miliar likuiditas untuk bank. Bank sentral dapat diharapkan untuk mengambil langkah serupa menjelang pertemuan kebijakan berikutnya pada 13 September, kata salah seorang bankir valas.

Washington pekan lalu menjatuhkan sanksi pada menteri kehakiman dan menteri dalam negeri Erdogan, dan mengatakan mereka memainkan peran utama dalam organisasi yang bertanggung jawab atas penangkapan Brunson.

Erdogan mengatakan, Turki akan membalas dengan membekukan aset para menteri AS di Turki, jika mereka punya.

“Untuk pemulihan yang berarti bagi Lira, kami harus menonton aliran berita,” kata bankir lain yang berbasis di Istanbul, yang menolak untuk diidentifikasi namanya. (T/RS3/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Bahron Ansori

Editor: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.