LITHUANIA TAWARKAN KERJASAMA ENERGI MATAHARI

(Foto: DPR)
pertemuan Wakil Ketua Fadli Zon (kanan) dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Linas Antanas Linkevicius (kiri) di , Jumat (28/8).(Foto: DPR)

Jakarta, 13 Dzulqa’dah 1436/28 Agustus 2015 (MINA) – Lithuania membuka kemungkinan di bidang energi terbarukan, terutama energi (solar energy) yang belum sepenuhnya dikembangkan di .

Hal itu mengemuka dalam pertemuan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Lithuania Linas Antanas Linkevicius di Kompleks DPR, Jumat (28/8).

Usai pertemuan, Fadli menjelaskan, sejauh ini Lithuania sangat menguasai teknologi energi yang bersumber dari sinar matahari tersebut.

“Bantuan kerja sama energi dari negara mana pun perlu kita jajaki. Sejauh ini energi matahari kita belum maju,” ungkap Fadli, sebagaimana siaran pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Selain membuka kerjasama bidang energi, Lithuania juga membuka kerjasama pariwisata, pendidikan, dan transportasi, sehingga kian mengakrabkan hubungan kedua negara, ujarnya.

Fadli mengatakan, DPR mendapat kunjungan kehormatan dari Menteri Luar Negeri Lithuania, negara eks Uni Soviet di kawasan Baltik.

“Kunjungan ini sangat berarti karena ingin ada kerjasama yang lebih jauh antara Indonesia dan Lithuania,” ujarnya.

Di bidang pendidikan, Menlu Lithuania berharap ada pertukaran pelajar dan mahasiswa di kedua negara. Dengan begitu hubungan budaya dan kultur kedua negara juga semakin dekat.

Apalagi antara DPR dan parlemen Lithuania punya grup kerjasama sendiri yang bisa membantu memudahkan jalan terwujudnya upaya kerjasama tersebut. (T/R05/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0