Lockdown Provinsi Khartoum Diperpanjang 10 Hari

Khartoum, MINA Pemerintah Sudan, melalui Komite Tinggi Gawat Darurat Kesehatan, memutuskan memperpanjang dan memperketat prosedur lockdown khususnya untuk Provinsi Khartoum selama 10 hari ke depan mulai Sabtu besok (9/5).

Disamping itu ditetapkan memperpanjang masa PSBB selama dua minggu untuk kota dan provinsi lainnya  di seluruh Sudan.

Keputusan tersebut disampaikan oleh Anggota Majelis Transisi dan Wakil  Komite Tinggi Gawat Darurat Kesehatan Penanganan COVID-19 Prof. Sidik Taaur,  Jum’at (8/5) sore, dalam konferensi pers di Khartoum.

Sementara dari grafik penyebaran Covid-19 secara nasional Kementerian Kesehatan  Sudan mencatat hingga kemaren Kamis (7/9) sore, terjadi penyebaran Positif Covid-19 di Provinsi Khartoum cukup significan, dan merupakan  kasus terbanyak secara nasional dengan jumlah keseluruhan 794 orang,

Secara nasional hingga kemaren (7/9) dinyatakan positif sebanyak 930 orang, 92 sembuh, 52 lainnya wafat yang tersebar di 15 provinsi dari 18 provinsi di Sudan.

Penyebaran Covid-19 di seluruh Sudan sampai saat ini mencapai 15  provinsi, dengan grafik penyebaran terbanyak di Khartoum , Gezira, Kordofan Utara, Qadarif dan  Sennar

Pemerintah Sudan telah mengeluarkan keputusan menerapkan lockdown total di seluruh Khartoum, sejak Sabtu (18/4) selama tiga pekan atau berakhir pada Sabtu besok (9/5), namun telah dierpanjang untuk 10 hari ke depan.

Namun masih memperbolehkan  warga untuk sekedar membeli kebutuhan harian atau keperluan mendesak lainnya dengan waktu jeda tujuh jam dari pukul 06:00 pagi hingga 13:00 siang setiap harinya. (L/B02/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)