Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

LPMQ Akan Gelar Pelatihan Pembuatan Font Al-Qur’an Untuk Seniman Kaligrafi

Widi Kusnadi - 29 menit yang lalu

29 menit yang lalu

5 Views

Ilustrasi aplikasi Al-Quran

Jakarta, MINA –  Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Kementerian Agama akan menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Font Al-Qur’an Digital untuk para seniman kaligrafi.

Kegiatan ini ditujukan bagi para kaligrafer yang ingin mewujudkan cita-cita mereka menulis mushaf Al-Qur’an lengkap 30 juz dengan memanfaatkan teknologi digital yang lebih praktis.

Menurut penanggung jawab kegiatan, Saifuddin, bagi para seniman kaligrafi menulis Al-Qur’an secara lengkap, 30 juz, adalah cita-cita dan puncak karya mereka. Namun, tidak semua seniman kaligrafi memiliki kesempatan untuk mewujudkan mimpi ini karena perlu waktu dan biaya yang mahal. Dengan kemajuan teknologi, mereka bisa merealisasikan cita-cita itu dengan cara baru yang lebih cepat, praktis, dan ekonomis.

“Saya yakin banyak di antara kita, para kaligrafer, yang bermimpi untuk bisa menulis mushaf Al-Qur’an secara lengkap. Namun, tantangan yang dihadapi, baik dari segi waktu maupun biaya, kadang membuat mimpi itu sulit tercapai. Dengan metode digital ini, para seniman kaligrafi kini memiliki peluang untuk berkontribusi lebih luas lagi, dan insyaallah menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir,” kata Saifuddin, di Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQMI), Jakarta, Selasa (24/9).

Baca Juga: Sukseskan Peparnas XVII 2024, Pemprov Jateng Gandeng Media

Desainer font digital LPMQ Ishep Misbah dan Zamroni Ahbab menyampaikan, beberapa tahun terakhir, LPMQ telah berhasil mengembangkan font Al-Qur’an dan mengintegrasikannya ke berbagai platform aplikasi, seperti Quran Kemenag versi Android dan iOS, dan software Qur’an in Word. Aplikasi tersebut telah diunduh oleh lebih dari satu juta pengguna dan terus berkembang sebagai salah satu alat penting dalam penyebaran Al-Qur’an di era digital.

Zamroni menambahkan, pengembangan font digital ini tidak hanya soal kemudahan dan aksesibilitas. Menurutnya, penting untuk memastikan bahwa setiap detail dari penulisan tersebut mengikuti kaidah-kaidah penulisan kaligrafi yang benar.

“Kami ingin menjaga keaslian dan ketelitian dalam setiap huruf yang ditampilkan di layar, sama seperti ketika kita menulis mushaf secara manual. Oleh karena itu, pelatihan ini sangat penting untuk mempertemukan seniman kaligrafi dengan teknologi,” tambah pentashih Al-Qur’an yang akan menjadi tutor dalam pelatihan tersebut.

Pelatihan ini akan dilaksanakan pada 28 September 2024 dari jam 09.00 – 15.00 WIB, di Aula Lt. 4 BQMI, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Para peserta dari luar kota juga bisa mengikuti kegiatan ini secara daring. Info lebih lanjut bisa menghubungi 081369521000.

Baca Juga: Cuaca Jakarta Diprediksi Berawan Selasa Ini

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu langkah awal dalam menghidupkan kembali tradisi penulisan mushaf dengan cara yang lebih modern. Dengan semakin banyaknya seniman kaligrafi yang terlibat dalam pengembangan font Al-Qur’an digital, diharapkan semakin banyak pula umat Muslim yang dapat mengakses Al-Qur’an dalam bentuk yang lebih praktis dan sesuai dengan kebutuhan zaman.[An]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Kominfo Luncurkan Sistem Peringatan Dini Bencana

Rekomendasi untuk Anda