LPPOM MUI Adakan Pelatihan Auditor Halal Di China

Shanghai, 16 Rajab 1437/22 April 2016 (MINA) – Lembaga Pengkajian Pangan dan, Obat-obatan dan Kosmetik Majlis Ulama Indonesia () perwakilan mengadakan pelatihan Internal Halal Auditor Training China di Shanghai yang diikuti oleh 234 orang peserta dari berbagai perusahaan dari seluruh kawasan negara itu.

Pelatihan yang diadakan di Hotel Yigoo Shanghai ini merupakan pelatihan auditor ke-9 untuk perusahaan yang berada di China dan berlangsung sampai 20-22 April 2016.

Halal MUI memberitakan sebagaimana yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat (22/4), peserta training tersebut berasal dari kota-kota di wilayah Negara China  dan diadakan oleh Perwakilan LPPOM-MUI di China yang bekantor di Kota Shanghai.

Di hadapan peserta pelatihan, Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim mengatakan, ke depan sertifikasi halal di Indonesia akan bersifat wajib (Mandatory), tidak hanya untuk bahan pangan, namun juga bahan gunaan lain seperti tas, pakaian, sepatu.

“Kami sangat mengapresiasi kepedulian perusahaan China akan pentingnya Sertifikasi Halal. Ini terlihat dari banyaknya peserta yang ikut dalam pelatihan auditor in,i” katanya.

Dia juga mengharapkan, melalui pelatihan ini para auditor dari perusahaan dapat paham dan mampu menjalankan tugasnya sebagai penanggung jawab halal di dalam perusahaannya,” kata Lukmanul.

Pelatihan ini mendapatkan respon yang positif dari berbagai pelaku usaha, baik produk pangan, minuman dan berbagai bidang industri lainnya.

Mison Wang, salah satu peserta pelatihan dari Guangzhou mengaku sengaja mengikuti pelatihan ini karena produk industry yang dihasilkan perusahaannya sudah lama masuk ke Indonesia dan akan melakukan pengembangan pasar.

Begitu juga pelaku usaha lain yang antusias membidik pasar Indonesia yang mereka nilai masih sangat terbuka lebar.

Pengangkatan Auditor Luar Negeri

Pada kesempatan tersebut, LPPOM MUI juga mengangkat Staff LPPOM MUI perwakilan China sebagai Auditor. Mereka adalah Sha Mo (Zakaria) dan Bai Tongli  (Jemila).

“Pengangkatan kedua auditor tersebut sebagai sejarah baru karena merupakan Auditor LPPOM MUI yang berada di luar negeri (Indonesia). Pengangkatan Auditor ini bukanlah sebuah hal yang mudah karena dibutuhkan kompetensi dan kualifikasi yang sangat ketat,” tutup Lukmanul. (T/P002/P2)

 Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.