LPPOM MUI Gelar Penganugerahan Halal Award 2016

Jakarta, 19 Muharram 1437/20 Oktober 2016 (MINA) – Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM ) kembali menggelar Award sebagai penghargaan bagi pemangku kepentingan di bidang halal.

Acara Penganugrahan Halal Award 2016 dengan tiga kategori yang dilombakan, yakni Halal Top Brand, Iklan Halal Terbaik, dan Penghargaan Khusus ini dilaksanakan pada International Indonesia Halal Expo (INDHEX) 2016 di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran, Kamis (20/10).

Peraih kategori Halal Top Brand berdasarkan survei jajak pendapat yang dilakukan tim survei independen pada April-Juni 2016. Melibatkan 1.200 responden di Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. Data survei digabungkan dengan intensitas sosialisasi halal melalui berbagai media, baik bersama maupun yang dilakukan secara independen. Peraih kategori Halal Top Brand 2016 yaitu:

1. Kategori restoran adalah KFC (PT. Fastfood Indonesia)
2. Kategori Mie Instan adalah Indomie (PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk)
3. Kategori Bakery adalah Sari Roti (PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk)
4. Kategori Kopi adalah Kapal Api (PT. Santos Jaya Abadi)
5. Kategori AMDK adalah Aqua (PT. Tirta Investama, Tbk)
6. Kategori Minyak Goreng adalah Bimoli (PT. Salim Ivomas Pratama)
7. Kategori Kecap adalah Bango (PT. Unilever Indonesia, Tbk)
8. Kategori Es Krim adalah Walls (PT. Unilever Indonesia Tbk)
9. Kategori Kosmetika adalah Wardah (PT. Paragon Technology & Innovation)
10. Kategori Produk Kemasan Plastik adalah Wayang (PT. Panca Budi Idaman)
11. Kategori Produk kemasan Kertas adalah Foopak (PT. Indah Kiat Pulp & Paper, Tbk)
12. Kategori Minuman Serbuk adalah Nutrisari (PT. Nutrifood Indonesia)

Sedangkan kategori Iklan Halal Terbaik dinilai oleh Dewan Juri yang mencermati 12 iklan di televisi selama April-September 2016. Dewan juri terdiri dari perwakilan MUI, LPPOM MUI dan akademisi.

Dari iklan produk tersebut, juri menilai sisi estetika, ketegasan dalam mengusung muatan halal serta intensitas penayangan di televisi. Tahun ini, Kategori Iklan Halal Terbaik diraih Wardah.

Sementara, kategori Penghargaan Khusus dinilai Dewan Juri dengan memperhatikan masukan dari masyarakat dan usulan LPPOM MUI Provinsi. Terkait seberapa besar peran dan kontribusi dari instansi pemerintah, lembaga swasta maupun komunitas masyarakat dalam melakukan edukasi, sosialisasi, fasilitasi serta advokasi halal.

Penghargaan khusus kepada Kota/Kabupaten Halal Terbaik diberikan dengan memperhatikan beberapa hal. Antara lain adanya kebijakan daerah terkait halal, pengembangan program halal yang telah dilakukan, dan jumlah sertifikasi halal yang telah dilakukan di Kabupaten/Kota yang diusulkan. Tidak ketinggalan adanya program edukasi, sosialisasi dan informasi halal di daerah bersangkutan.

Pada Kategori Penghargaan Khusus, Kabupaten/Kota Halal Terbaik diraih oleh Kabupaten Bogor dan Kabupaten Majalengka. Sementara peraih Halal Award Kategori Komunitas Halal di Indonesia diraih oleh Halal Corner, My Halal Kitchen, Imapela, Indonesia Halal Watch, dan Formala.

Halal Award digelar LPPOM MUI setiap tahun bagi pihak yang dinilai berjasa dalam edukasi, informasi, advokasi dan fasilitasi sertifikasi halal di Indonesia. Penghargaan bertujuan meningkatkan peran serta aktif kalangan dunia usaha dalam melakukan sosialisasi, promosi hingga edukasi halal. (L/mar/anj/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)