LPPOM MUI Selenggarakan Milad ke-28

Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin. (Foto: Kurnia/MINA)

Jakarta, 26 Rabi’ul Akhir 1438/25 Januari 2017 (MINA) – Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia () menyelenggarakan milad ke-28 di Gedung Pusat MUI, Menteng, Jakarta, Rabu (25/1).

Ketua Umum MUI KH Maruf Amin dalam sambutannya mengatakan bahwa milad LPPOM MUI tidak diselenggarakan sebagai seremonial saja, tetapi sebagai instropeksi untuk menjadi lebih baik lagi.

“Keberadaan LPPOM MUI menjadi penting untuk meningkatkan daya saing produk dalam negeri mengingat jumlah masyarakat Indonesia mencapai lebih dari 200 juta orang. Milad ini bukan sekedar seremonial saja, tapi juga sebagai bentuk memperbaiki kualitas,” kata Kyai Ma’ruf.

Menurut Kyai Ma’ruf, LPPOM MUI selama 28 tahun memiliki dua fungsi, yaitu menjaga umat dan memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk memudahkan bagi orang yang membutuhkan.

“Masyarakat Indonesia yang berjumlah lebih dari 200 juta, mayoritas adalah umat Islam. Dan kesadaran untuk mencari makanan dan produk lainnya yang baik dan halal semakin tinggi, maka penting bagi LPPOM MUI untuk terus meningkatkan layanannya,” kata Kyai Ma’ruf.

Pada kesempatan itu, Kyai Ma’ruf mengingatkan bahwa Sertifikasi Halal MUI sudah menjadi rujukan bagi lebih dari 50 lembaga di dunia. Menurut dia, ini menjadi kebanggaan dan rasa syukur kepada Allah.

“Jangan sampai kita mengendurkan semangat kita,” ujarnya.

Senada dengan Kyai Ma’ruf, Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim menegaskan akan terus meningkatkan kualitas lembaganya. Hal itu penting dilakukan mengingat sistem yang diterapkan oleh LPPOM MUI saat ini ditiru juga oleh lembaga halal di luar negeri.

Hadir pada kesempatan itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM Drs. Suratmono, dan puluhan tamu undangan lainnya. (L/R06/R03/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)