LT-V Gerakan Pramuka 2017 Resmi Dibuka

Peserta Gerakan di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta.(Foto: MINA/Aliya)

 

Cibubur-Jakarta, MINA – Lomba Tingkat Lima (LT-V) Gerakan Pramuka yang digelar pada 22-28 Oktober 2017 secara resmi dibuka pada Senin (23/10) oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta.

Regu yang bisa mengikuti LT-V adalah regu berprestasi tinggi atau yang menjuarai empat LT sebelumnya, yaitu: LT-I (tingkat Gugus Depan), LT-II (tingkat Kwartir Ranting/Kecamatan), LT-III (tingkat Kwartir Cabang/Kota atau Kabupaten), dan LT-IV (tingkat Kwartir Daerah/Provinsi), dan saat ini LT-V (tingkat Kwartir Nasional).

“Regu yang datang ke LT-V bukan regu yang baru dibentuk, mereka adalah regu yang telah teruji dalam LT-I, LT-II, LT-III, LT-IV,” ujarnya.

Menurutnya, masing-masing regu punya ilmu manejemen sendiri dalam merawat kekompakan, mengelola perbedaan dan kebanyakan ilmu itu didapatan bukan dari buku melainkan praktik di lapangan.

“Ini salah satu keunikannya. Saya pastikan Pramuka yang hadir di Cibubur adalah Pramuka-Pramuka pilihan,” katanya di hadapan ratusan peserta lomba.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain kompetisi, LT-V juga mempertemukan anak-anak muda terbaik di Indonesia dengan tujuan meningkatkan interaksi di antara mereka untuk mendorong kerja sama, sehingga peran Pramuka sebagai kader Pancasila dan perekat NKRI semakin meningkat.

“LT-V bukan hanya perlombaan antar regu. Di sini adik-adik Pramuka langsung belajar dan mempraktikkan nilai-nilai luhur dari bangsa kita Indonesia, seperti musyawarah, gotong-royong, belajar mendengar, belajar menyampaikan pendapat, menjadikan perbendaan sebagai kekuatan dan lainnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, nilai tersebut bukan sekedar teori melainkan langsung dipraktikkan di lapangan

“Kekuatan dan kelebihan Pramuka dengan kegiatan luar ruangan adalah, apa yang mereka lihat, rasakan, lakukan selama di alam bebas menjadi ilmu bagi mereka. Selain, interaksi dan antisipasi peserta didik meningkat,  mereka punya solidaritas, kepekaan sosial dan partisipasi yang tinggi,” jelasnya.

Kegiatan LT-V ini diikuti sebanyak 528 Pramuka Penggalang perwakilan dari 34 provinsi dari seluruh Indonesia. (L/R10/RI-1)

Mi’raj News Agency