Mahasiswa UIN Ar-Raniry Aceh Magang di Lapas

(Foto: Istimewa)

Banda Aceh, MINA – Sebanyak 19 orang mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, Senin (19/12) menggelar praktik lapangan atau magang pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa, Banda Aceh dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Lhoknga, Aceh Besar.

Praktik lapangan untuk membekali mahasiswa dalam keterampilan layanan konseling Islam itu diserahterimakan oleh Kepala Laboratorium Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr Zalikha, Mag.

Dalam arahannya kepada mahasiswa, Zalikha berpesan agar selalu menjaga etika dan tata krama, almamater, serta berdedikasi tinggi dalam menjalani praktik di RSUD Meuraxa, demikian keterangan resmi yang diterima MINA.

Kepala Bagian Umum RSUD Meuraxa, Saifudin Abdul Malik, S.Sos., M.M menyambut baik kehadiran mahasiswa praktik lapangan di RSUD Meuraxa.

Baca Juga:  IRI-BRGM Indonesia Gelar Pelatihan Jurnalisme untuk Komunitas Agama

Ia juga menyampaikan sejumlah aturan yang mesti diperhatikan oleh mahasiswa selama praktik di rumah sakit tersebut.

“Sebagai salah satu rumah sakit yang berbasis syariah di Aceh, maka perilaku mahasiswa juga harus mencerminkan syariat Islam baik dalam berpakaian maupun pergaulan,” katanya.

Saifuddin juga berharap ke-19 orang mahasiswa praktik ini memperoleh ilmu dan pengalaman guna mengasah keterampilan layanan konseling Islam dalam seting sebenarnya.

Pada hari yang sama Prodi BKI juga melakukan serahterima mahasiswa 19 orang mahasiswa praktik lapangan pada Lapas Kelas III Lhoknga.

Kasubsi BPembinaan, Bahriza S.E, yang mewakili kepala LP berharap mahasiswa yang praktik lapangan dapat mentaati peraturan yang telah ditetapkan baik saat berinteraksi dengan warga binaan ataupun saat kegiatan bersama staf.

Baca Juga:  Ponpes Al-Fatah Ciamis Wisuda 51 Santri

Sementara itu, Ketua Prodi BKI Jarnawi, S.Ag., M.Pd berharap mahasiswa mampu memberikan pelayanan terbaik baik bagi pasien di Rumah sakit maupun warga binaan di Lapas Kelas III Lhoknga.

“Ini kesempatan emas bagi mahasiswa menempa dirinya untuk memperoleh pengalaman langsung bersama para profesional di bidangnya,” ujar Jarnawi.

Kegiatan ini turut di hadiri oleh para Rofika Duri M.Pd, Nona Faradila M.A. Dr. Arifin Zain M.Ag, Saiful Indra .M.Pd.Kons dan M.Yusuf MA selaku supervisor parktikum. Praktikum lapangan di kedua tempat ini akan berlangsung hingga 13 Januari 2023 mendatang.(R/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi