Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mahkamah Agung India Tolak Permohonan Hentikan Ekspor Senjata ke Israel

sri astuti Editor : Rudi Hendrik - 16 menit yang lalu

16 menit yang lalu

6 Views

Perdana Menteri Israel dan India, Benjamin Netanyahu dan Narendra Modi, berjalan di bandara Ben Gurion, Tel Aviv, Selasa, 4 Juli 2017. (Foto: PTI)

New Delhi, MINA – Mahkamah Agung India menolak petisi untuk menghentikan ekspor senjata ke Israel, menyusul permohonan dari aktivis hak asasi manusia dan cendekiawan untuk meminimalkan keterlibatan India dalam potensi kejahatan perang di Gaza.

Dalam putusannya pada Senin (9/9), Mahkamah Agung India mengatakan, berada di luar yurisdiksinya untuk mengarahkan pemerintah India menghentikan ekspor material ke negara mana pun. Middle East Eye melaporkan.

Mahkamah Agung mengatakan, yurisdiksi berada di bawah kewenangan Pemerintah Persatuan berdasarkan Pasal 162 konstitusi India.

Mahkamah Agung juga mengamati campur tangan akan dianggap sebagai putusan pengadilan atas pelanggaran kontrak, yang mungkin telah dibuat oleh perusahaan-perusahaan India dengan entitas internasional.

Baca Juga: Arab Saudi Buka Kembali Kedutaan di Damaskus setelah 12 Tahun

“Dampak dari pelanggaran tersebut tidak dapat dinilai dengan tepat oleh pengadilan ini dan akan mengungkap perusahaan-perusahaan India yang memiliki komitmen kuat terhadap proses hukum yang dapat memengaruhi kelangsungan finansial mereka sendiri,” kata Mahkamah Agung.

Putusan tersebut muncul setelah mantan birokrat, aktivis, dan akademisi senior mengajukan pembelaan dengan alasan bahwa penjualan tersebut melanggar kewajiban India berdasarkan hukum internasional dan melanggar ketentuan konstitusionalnya sendiri tentang hak untuk hidup dan kesetaraan, serta tugas negara untuk menegakkan perjanjian internasional.

Petisi setebal 417 halaman yang diajukan ke Mahkamah Agung India tersebut memuat informasi tentang perusahaan sektor publik dan swasta di India, yang berurusan dengan pembuatan dan ekspor senjata dan amunisi yang telah diberikan lisensi untuk mengekspor senjata dan amunisi ke Israel, bahkan selama periode perang yang sedang berlangsung di Gaza.

Para pemohon meminta Mahkamah Agung mengeluarkan perintah kepada pemerintah India untuk membatalkan lisensi ini dan menghentikan pemberian lisensi baru.

Baca Juga: Blinken: Pembunuhan Aktivis AS-Turki di Tepi Barat Tak Dapat Dibenarkan

Petisi tersebut mencatat tiga perusahaan India yang berurusan dengan pembuatan dan ekspor senjata serta amunisi telah diberikan lisensi untuk mengekspor senjata dan amunisi ke Israel saat perang di Gaza terus berlanjut.

Hubungan India dengan Israel telah berkembang pesat sejak Narendra Modi menjadi Perdana Menteri pada tahun 2014.

India sekarang menjadi pembeli senjata Israel terbesar di dunia, tetapi juga telah menjadi salah satu produsen utama senjata Israel. Universitas-universitas India dan Israel juga telah mengembangkan hubungan yang lebih erat dalam bidang teknologi, pertanian, dan robotika.

Beberapa universitas bekerja sama secara langsung dengan perusahaan-perusahaan senjata Israel serta dengan perusahaan-perusahaan India yang dilaporkan telah mengirim senjata ke Israel.

Baca Juga: Australia Tolak Masuknya Pemukim Ekstrimis Israel

India merupakan salah satu negara pertama yang mengutuk serangan yang dipimpin Hamas terhadap Israel Oktober lalu.

Sejak itu, lebih dari 40.000 orang meninggal, kebanyakan dari mereka adalah anak-anak dan wanita, dan hampir 100.000 orang terluka dalam pemboman Israel terhadap daerah kantong yang terkepung itu.

Meskipun ada tekanan terhadap Delhi, pemerintah India tidak mendukung seruan global untuk embargo senjata terhadap Israel.

Beberapa negara termasuk Spanyol dan Belgia telah memberlakukan embargo senjata terhadap Israel.

Baca Juga: Norwegia Kutuk Serangan Udara Israel di “Zona Aman” Khan Yunis

Pekan lalu, pemerintah Inggris menangguhkan 30 lisensi ekspor senjata ke Israel.

Meskipun langkah tersebut disambut baik, para pengamat menggambarkan langkah London sebagai “setetes air di lautan”.

“Jika, seperti yang diakui pemerintah ini, ada “risiko yang jelas” bahwa ekspor militer tertentu ke Israel dapat digunakan untuk melanggar hukum humaniter internasional, maka pemerintah harus menerapkan kewajibannya sendiri secara penuh dan melarang semua penjualan senjata,” tulis Othman Moqbel di Middle East Eye awal bulan ini.

Pada bulan Juni, Daniel Carmon, mantan duta besar Israel untuk India, mengatakan India mungkin memasok senjata ke Israel sebagai “tanda terima kasih atas bantuan Israel” selama perang terbatas India dengan Pakistan pada tahun 1999. []

Baca Juga: Uni Eropa Desak Israel Patuhi Gencatan Senjata di Gaza

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: GCC Adakan Pertemuan Menteri dengan Rusia, India, Brasil

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Khadijah
MINA Health