Mahkamah Agung Saudi Umumkan Idul Fitri Ahad, 24 Mei

Riyadh, MINA – Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan, Idul Fitri 1 Syawal 1441 jatuh pada  Ahad, 24 Mei 2020.

Mahkamah Agung mengumumkan, Sabtu (23/5) menjadi hari ke-30 bulan Ramadhan, setelah tidak terlihat hilal di seluruh wilayah kerajaan. Sehingga hari Ahad (24/5) adalah hari Raya Idul Fitri tahun 1441. Saudi Press Arab melaporkan.

Pernyataan menambahkan, “Mahkamah Agung mengatakan bahwa telah menerima laporan-laporan dari pengadilan berdasarkanhasil monitor yang dikhususkan untuk memverifikasi pemantauan bulan sabit. Laporan-laporan menyatakan hilal tidak terlihat, oleh karena itu, diputuskan Sabtu (23/5 akan menjadi hari ke-30 Ramadhan dan Ahad (24/5) akan menjadi hari pertama Syawal atau Idul Fitri.”

Mahkamah Agung menyampaikan selamat kepada Penjaga Dua Masjid Suci, Putra Mahkota MBS, pemerintah dan penduduk Kerajaan Arab Saudi serta ekspatriat Muslim yang tinggal di negara itu serta semua negara Islam di seluruh dunia atas kedatangan Idul Fitri yang diberkati.

Pada akun Twitter resmi , @HaramainInfo mengunggah statusnya, pada Jumat malam “Bulan tidak terlihat di Arab Saudi. #EidAlFitr akan dirayakan pada hari Ahad, 24 Mei 2020. Insha Allah”.

Unggahan menambahkan. “Semoga Allah menerima puasa, shalat, dan ibadah kita semua, dan memungkinkan kita untuk mengakhiri bulan Ramadhan dengan pengabdian dan ibadah. Aamiin.

Komite Penglihatan Bulan dari Kementerian Awqaf dan Urusan Islam Qatar juga mengumumkan bahwa hari Ahad , 24 Mei adalah hari pertama Idul Fitri.

Ini datang dalam sebuah pernyataan oleh komite yang dipimpin Sheikh Dr Thaqil Al Shammari pada Sidang Isbat Jumat malam di kantor pusat kementerian. (T/RS2/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)