Mahmoud Abbas: Pendudukan Israel Bertanggung Jawab Atas Apa Yang Terjadi Hari Ini

Presiden Mahmoud Abbas dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Ramallah. (Foto: WAFA)

Ramallah, MINA – Presiden Mahmoud Abbas mengatakan pendudukan atas kemunduran di lapangan hari ini karena merusak solusi dua negara dan melanggar perjanjian yang ditandatangani.

Dikutip dari Wafa, Selasa (31/1), berbicara dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken yang sedang berkunjung, Presiden Abbas juga menyalahkan masyarakat internasional karena gagal membongkar pendudukan Israel dan mengakhiri rezim pemukimannya.

“Kami menyambut Anda, dan kami menegaskan bahwa pemerintah Israel bertanggung jawab atas apa yang terjadi hari ini, karena praktiknya yang merusak solusi dua negara dan melanggar perjanjian yang ditandatangani, dan karena kurangnya upaya internasional untuk membongkar pendudukan, mengakhiri rezim pemukiman, dan kegagalan untuk mengakui negara Palestina dan keanggotaan penuhnya di PBB,” kata Presiden Abbas.

“Penentangan terus-menerus terhadap upaya rakyat Palestina untuk mempertahankan keberadaan mereka dan hak-hak sah mereka di forum dan pengadilan internasional, dan untuk memberikan perlindungan internasional bagi rakyat kami, adalah kebijakan yang mendorong penjajah Israel untuk melakukan lebih banyak kejahatan dan melanggar hukum internasional,” tambahnya.

Presiden Abbas menambahkan, Hal ini terjadi karena Israel dibiarkan tanpa pencegahan atau pertanggungjawaban, melanjutkan operasi sepihaknya, termasuk pemukiman, pencaplokan tanah yang sebenarnya, teror pemukim, menyerbu wilayah Palestina, kejahatan pembunuhan, penghancuran rumah, pemindahan paksa warga Palestina, mengubah identitas Yerusalem, dan melanggar status quo sejarah dan pelanggaran kesucian Masjid Al-Aqsa, perampasan dana, serta operasi pembersihan etnis dan apartheid yang menyertainya.

“Setelah kami menghabiskan segala cara dengan Israel untuk menghentikan pelanggarannya, juga penyimpangan dari perjanjian yang ditandatangani, dan tidak berkomitmen untuk menghentikan tindakan sepihaknya, kami mengambil sejumlah keputusan, yang mulai kami terapkan untuk melindungi kepentingan rakyat kami,” katanya.

Abbas juga menekankan, penghentian total tindakan sepihak Israel, yang melanggar perjanjian yang ditandatangani dan hukum internasional, adalah titik masuk utama untuk mengembalikan cakrawala politik, mengakhiri pendudukan sesuai dengan referensi internasional dan Prakarsa Perdamaian Arab, untuk membuat perdamaian, stabilitas dan keamanan bagi semua di kawasan dan dunia.

Presiden Abbas mengatakan,”Kami selalu menunjukkan komitmen terhadap resolusi legitimasi internasional, penolakan kekerasan dan terorisme, dan menghormati perjanjian yang ditandatangani. Kami sekarang siap untuk bekerja dengan pemerintah AS dan komunitas internasional untuk memulihkan dialog politik guna mengakhiri pendudukan Israel atas tanah Negara Palestina di perbatasan tahun 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya,” katanya.

Abbas menambahkan,”Rakyat kami tidak akan menerima kelanjutan pendudukan selamanya, dan keamanan regional tidak akan terwujud dengan melanggar kesucian tempat-tempat suci, menginjak-injak martabat rakyat Palestina dan mengabaikan hak sah mereka atas kebebasan, martabat, dan kemerdekaan,” tegasnya. (T/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.