Makin Banyak Muslimah Memenangkan Pemilihan di Amerika Serikat

Washington, MINA – Semakin banyak perempuan Muslim yang terpilih untuk memimpin sebuah lembaga, di berbagai tingkatan di Amerika Serikat (AS). Empat orang perempuan Muslim akhirnya maju dan sukses memenangkan pemilihan suara di Negeri Paman Sam tersebut. Mulai dari tingkat sekolah, hingga tingkat negara bagian.

Empat wanita muslim tersebut adalah Nadia Mohamed, Ghazala Hashmi, Abrar Omeish dan Safiya Khalid.

Para pemberi suara pada Selasa (5/11) memilih Nadia Mohamed sebagai wakil tidak tetap di St. Louis Park, pinggiran barat Minneapolis, di negara bagian Minnesota. Mereka juga memilih Safiya Khalid untuk Dewan Kota Lewiston di negara bagian Maine, AS. Demikian laporan yang diterima MINA, Kamis (7/11).

Dua wanita Amerika Serikat keturunan Somalia memenangkan kursi dewan kota di Minnesota dan Maine, yang mempunyai komunitas diaspora Afrika cukup besar.

Keduanya sebagai Demokrat dan akan menjadi imigran Somalia pertama di dewan masing-masing. Keduanya perempuan Muslim berjilbab berusia 23 tahun dan berkulit hitam.

“Kemenangan ini tidak hanya sukses untuk mewakili Somalia dan Muslim, tetapi juga sukses besar untuk nilai-nilai Amerika berdasarkan keanekaragaman dan multi budaya serta rasa hormat terhadap perempuan,” kata Hashi Shafi, yang memimpin Aliansi Aksi Somalia.

Sementara Abrar Omeish menjadi muslimah pertama yang duduk di Dewan Sekolah di Fairfax, sebuah daerah pinggiran Virginia Utara yang makmur di selatan Washington DC.

Sedangkan Ghazala Hashmi, Perempuan Muslim Pertama di Parlemen Virginia. Unggul dalam pertarungan parlemen di Distrik Senat ke-10 Virginia, politisi Partai Demokrat Ghazala Hashmi mengalahkan Senator Glen Sturtevant dari Partai Republik.

Ghazala Hashmi adalah seorang politisi dan seorang akademisi keturunan India-Amerika. Saat ini, Hashmi adalah wanita Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Senat Virginia di negara bagian itu.

Hashmi lahir di India, lalu berimigrasi ke Amerika Serikat. Dia menyelesaikan gelar B.A. dalam bahasa Inggris di Georgia Southern University dan mendapat gelar Ph.D bidang bahasa Inggris dari Emory University.

Selain politisi dan pendidik, Hashmi kini menjabat sebagai Direktur Pusat untuk Keunggulan dalam Pengajaran dan Pembelajaran di J. Sargeant Reynolds Community College.

Sebelumnya diketahui, dua perempuan Muslim AS sukes memenangkan pemilihan Kongres AS yang berlangsung tahun lalu. Keduanya yakni Ilhan Omar dan Rashida Tlaib. Keduanya berasal dari Partai Demokrat.

Tlaib, yang merupakan perempuan keturunan Palestina, memenangkan kursi kongres untuk distrik 13 Michigan. Sementara itu, Omar menang di distrik ke-5 Minnesota, yang sebelumnya dipegang politisi Partai Republik, Keith Ellison, yang merupakan Muslim pertama yang duduk di kongres.(R/LM/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)