Senator Muslim AS Pertama Terpilih di Virginia

Virginia, MINA – Politikus Muslimah dari Partai Demokrat, Ghazala Hashmi berhasil mengalahkan senator petahana Glen Sturtevant (R-Richmond) dari Partai Republik dalam pertarungan untuk Distrik Senat ke-10 Virginia pada Selasa (5/11) malam.

WRIC dan Times of India melaporkan Hashmi adalah wanita Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Senat negara bagian tersebut.

Mereka mengatakan generasi pertama Amerika sekarang mewakili sebuah distrik yang mencakup Richmond, Chesterfield County, dan Powhatan County.

Masalah utama yang menjadi perhatiannya adalah pendidikan setelah bekerja selama beberapa dekade dalam sistem community college.

Kemenangan itu didapat seiring semakin banyak wanita Muslimah terjun ke politik AS. Baru tahun lalu Ilhan Omar dan Rashida Tlaib menjadi dua wanita Muslim pertama yang berhasil mencapai Kongres AS.

Dia dikenal sebagai ‘Munni’, Hashmi adalah lahir di Hyderabad, India, sebelum keluarganya pindah ke AS. Lima puluh tahun kemudian, Ghazala Hashmi menulis sejarah di tanah yang telah ia jadikan rumahnya. (T/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)