Menlu. Turki: Pengiriman S-400 Rusia Tak Ada Masalah

Ankara, MINA – Menteri Luar Negeri Mevlüt Çavuşoğlu  mengatakan proses pengiriman tahap pertama sistem pertahanan udara S-400 Rusia berjalan sesuai rencana, tanpa menghadapi masalah,  meskipun menghadapi keberatan dan ancaman dari Presiden AS Donald Trump dan sekutu

“Turki menerima pegiriman tahap pertama Rudal S-400 itu pada Jumat, 12 Juli kemarin,” demikian Kementerian Pertahanan Turki, Sabtu (13/7).

“Penerbangan pertama peralatan sistem pertahanan rudal udara regional jarak jauh S-400, yang diadakan untuk memenuhi kebutuhan pertahanan udara dan rudal Turki, telah mulai tiba di Pangkalan Udara Mürted di Ankara pada 12 Juli 2019,” kata kementerian itu dalam pernyataan pers tertulis.

Penerbangan kargo pertama dari Rusia tiba di Pangkalan Udara Mürted di ibukota Ankara, mengirimkan dua batch S-400. Demikian Hurriyet Daily News melaporkan yang dikutip MINA, Sabtu.

:”Pengiriman S-400 akan berlanjut dalam beberapa hari mendatang”, Presidensi Industri Pertahanan Turki (SSB) mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis.

“Sistem akan mulai beroperasi segera setelah benar-benar siap, seperti yang akan diputuskan oleh otoritas terkait,” tambah pernyataan SSB.

“Ini adalah kesepakatan yang sudah dilakukan dan prosesnya sedang berjalan. Kami sedang mengoordinasikan ini – apakah itu izin untuk penerbangan atau personel yang akan datang. Kementerian Pertahanan kami telah membuat pengumuman yang diperlukan,” kata Menlu Turki Çavuşoğlu dalam konferensi pers bersama dengan mitranya dari Swiss Ignazio Cassis.

“Tidak ada masalah. Prosesnya akan berlangsung dengan cara yang sehat,” Çavuşoğlu menambahkan.

Sementara itu, Bülent Turan, Wakil Ketua Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa mengatakan, Turki membeli sistem pertahanan udara AS S-400 Rusia adalah hasil dari sikap tegas Turki berdasarkan hak kedaulatannya,” kata Turan kepada Anadolu Agency.

Ia menegaskan, Turki membeli sistem pertahanan udara S-400 untuk kebutuhan keamanannya, kata Turan. Dia meminta masyarakat internasional untuk menghormati hak-hak kedaulatan Turki.

Juru bicara Kremlin Dmitriy Peskov juga mengkonfirmasi pengiriman itu.

“Semuanya sedang dilakukan sesuai dengan kesepakatan. Para pihak memenuhi kewajibannya,” kata Peskov.

Penerbangan kedua mengirim peralatan diharapkan pada hari-hari berikutnya dan pengiriman ketiga “berisi lebih dari 120 rudal dengan berbagai jenis” akan dikirim melalui laut, menurut sumber militer, Kantor Berita Rusia, TASS melaporkan.

NATO, di sisi lain, mengatakan kedatangan S-400 di Turki “memprihatinkan.

“Kami khawatir tentang konsekuensi potensial dari keputusan Turki untuk memperoleh sistem S-400, sebab Turki adalah anggota NATO (Persekutuan Pertahanan Atlatik Utara kata seorang pejabat NATO. (T/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.