Menag Ajak Jamaah Haji Doakan Muslim Rohingya

 

Menteri Agama, Lukman Hakim Saefuddin (Foto: Kemenag)

Mekkah, MINA – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengajak seluruh jamaah haji khususnya asal Indonesia untuk mendoakan masyarakat muslim Rohingya agar segera terbebas penderitaan kekerasan oleh militer dan pemerintah .

“Tanah Suci memiliki arti yang istimewa terutama di musim haji. Ada sejumlah tempat dan waktu yang mustajabah. Jika jamaah haji yang hakikatnya adalah tamu-tamu Allah berdoa di tempat tersebut di waktu yang tepat, insya Allah doanya akan dikabulkan,” kata Lukman di Maekkah, Ahad (3/9) kmarin.

Berdasarkan rilis pers yang disiarkan Kementerian Agama, menurut Lukman, doa adalah salah satu cara umat Islam untuk membantu sesamanya yang sedang mengalami cobaan atau masalah. Bagi para jamaah haji, berdoa jauh lebih baik ketimbang melakukan hal lain yang tak lebih produktif.

Di Mekkah sendiri dilakukan doa bersama untuk muslim Rohingya yang dihadiri oleh delegasi Amirul Hajj dan para petugas Daker Makkah. Acara yang diawali Magrib berjamaah disertai pembacaan Qunut Nazilah ini diisi dengan pembacaan Ratib Al-Attas yang dipimpin oleh Naib Amirul Hajj KH Musthafa Aqil Siradj. Adapun pembacaan doa dipimpin oleh KH Harits Sodaqah.

Lukman juga mengajak jemaah untuk mendoakan Pemerintah Myanmar agar diberi kesadaran untuk lebih mengedepankan sisi kemanusiaan. Untuk alasan apa pun, Pemerintah Myanmar wajib melindungi harkat dan martabat kemanusiaan masyarakat Rohingya.

“Saya juga minta Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah untuk menyampaikan kepada seluruh kloter dan pembimbing ibadah agar mengajak jemaah haji mendoakan saudara kita di Rohingya saat berada di tempat mustajabah,” katanya. (R/R08/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.