Menag Hadiri Pameran Haji Dunia di Jeddah

Jeddah, MINA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Senin (21/3) menghadiri pembukaan Mu’tamar wa Ma’radl Khidamaatil Hajj wal ‘Umrah atau Conference and Exhibition for Hajj and Umrah Services (Konferensi dan Pameran Layanan Haji dan Umrah) di Jeddah, Arab Saudi.

Pameran tersebut dibuka oleh Menteri Haji dan Umrah Saudi Tawfiq F Al-Rabiah. Hadir Gubernur Makkah Pangeran Khalid bin Faishal Abdul Aziz, serta lebih 20 menteri agama dari berbagai negara.

Usai pembukaan Menag Yaqut meninjau stan pameran Indonesia. Stan ini menyajikan layanan informasi seputar sejarah penyelenggaraan haji dan umrah. Ada sejumlah paspor dan gelang jemaah haji dari masa ke masa.

Dihadirkan juga sepeda motor astrea tujuh tiga atau Astuti yang biasa digunakan di Mina saat operasional penyelenggaraan ibadah haji. Kendaraan roda dua ini digunakan untuk mengantar jamaah dari tenda misi haji Indonesia ke tenda jamaah.

Selain itu, Menag juga sudah bertemu langsung dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi di Jeddah, Ahad (20/3).

Dari pertemuan tersebut, Yaqut mendapatkan kabar bahwa pemerintah Arab Saudi akan menerima jamaah haji dari luar negeri pada tahun ini.

“Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jamaah haji tahun ini dari luar Saudi,” terangnya

Menag juga mendiskusikan kemungkinan jumlah kuota haji Indonesia. Ia berharap Indonesia bisa mendapatkan kuota yang ideal seiring dengan banyaknya jamaah yang sudah menunggu dan rindu ke Tanah Suci. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)