Mendikbud Anies Baswedan Resmikan Islamic Book Fair 2016

(Foto: MINA)
(Foto: MINA)

Jakarta, 19 Jumadil Awwal 1437/26 Februari 2016 (MINA) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Anies Baswedan meresmikan pameran buku Islamic Book Fair (IBF) Ke-15 Tahun 2016 di Istora Senayan Jakarta, Sabtu (26/2).

Menteri mengatakan, IBF 2016 membuat banyak perhatian masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam untuk mengunjungi pameran buku terbesar dan terlengkap di Indonesia itu.

Anies mengatakan, Indonesia harus meningkatkan pentingnya membaca sedari dini sehingga akan menimbulkan generasi yang cerdas dan Islami. “Generasi yang baik akan sangat baik jika dibentuk sejak dini,” katanya saat membuka IBF 2016 yang berlangsung sampai 6 Maret 2016.

Anies menghimbau kepada generasi muda agar dapat membaca secara rutin supaya menjadi sebuah budaya yang baik. Budaya membaca sudah mulai di tekankan kepada siswa-siswi untuk dapat membaca 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

“Budayakan membaca buku dan Al-Qur’an agar menumbuhkan generasi keluarga yang Qur’ani,” imbuhnya. Ia menegaskan, keluarga menjadi peran yang sangat penting untuk dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan budaya yang baik.

Festival Buku Islami itu telah berlangsung 15 kali oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). Tema IBF kali ini ‘Indahnya Keluarga Qur’ani’, dipilih karena pembentukan keluarga Qur’ani di yakini akan menjadi pondasi bagi lahirnya umat yang hebat. Dan umat yang hebat akan melahirkan peradaban yang kuat.

Dalam pembukaan pameran IBF 2016 ini juga diumumkan Prof. DR.   Nasaruddin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal / mantan Wakil Menteri Agama, sebagai Tokoh Perbukuan 2016.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini pun IBF kembali akan digelar di Istora Gelora Bung Karno Senayan Jakarta. IBF ke-15 diadakan mulai 26 Februari 2016 hingga 6 Maret 2016.

Sekitar 423 penerbit buku, dari dalam dan luar negeri, menyemarakkan gelaran IBF 2016, sembilan penerbit di antaranya berasal dari negara Brunei Darusalam dan Mesir.

Selain menghadirkan beragam buku Islami, acara tersebut juga akan diiringi dengan ragam kegiatan, seperti lomba cerdas cermat untuk anak-anak, lomba syarhil dan fahmil Alquran, lomba marawis, dan lain-lain.(L/Wid/mar/R05-P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)