Mengaku Bohong Bertemu Putin, Menlu Belanda Mengundurkan Diri

Foto: EPA

Amsterdam, MINA – Menteri Luar Negeri Belanda, Halbe Zijlstra menyatakan mengundurkan diri, Selasa (13/2), setelah mengaku berbohong soal pertemuan dengan Presiden Rusia .

“Saya tidak melihat ada pilihan lain hari ini selain menyerahkan pengunduran diri saya kepada Yang Mulia Raja,” kata Zijlstra dalam keadaan menangis dalam sebuah sidang parlemen, Selasa (13/2.

Zijlstra mengakui ia telah mengarang cerita bahwa dirinya menghadiri pertemuan pada tahun 2006. Dalam pertemuan itu Putin menguraikan strategi membangun ‘Rusia Raya’, Daily Sabah melaporkan.

“Kita tinggal di negara yang kebenarannya penting, karena itulah saya tidak melihat pilihan lain selain mengundurkan diri,” kata Zijlstra dengan nada emosional.

Tindakan itu membuat malu pemerintahan koalisi pimpinan Perdana Menteri Mark Rutte, dan berisiko kian mempersulit hubungan diplomatik Rusia-Belanda yang sedang berada di titik terendah.

Sigrid Kaag yang memimpin sebuah misi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menghancurkan senjata kimia Suriah pada 2013-2014, akan mengisi posisi Zijlstra sampai ada penggantian tetap. (T/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.