Menkes: Jadi Bangsa Maju, Harus Sehat Dulu

, Menteri Kesehatan Republik Indonesia ( RI). (Foto: dok. Kemenkes)

Jakarta, MINA – Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Farid Moeloek menyatakan bahwa kesehatan merupakan hal utama yang harus disadari oleh seluruh masyarakat. Untuk itu, perubahan pola pikir masyarakat menjadi bangsa yang maju, harus berparadigma .

”Kalau kita mau maju, kita harus sehat dulu. Tanpa kesehatan, kita tidak akan bisa jadi apa-apa”, katanya saat diskusi media Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertema ”Pemberdayaan dan keberpihakan untuk Mengatasi Ketimpangan”, di Kantor Staf Khusus Presiden (KSP), Jakarta, Senin (23/10), demikian dari laman resmi Kemenkes yang dikutip MINA.

Pesan ini tersirat dalam Instruksi Presiden yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2017, yakni Inpres nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat () yang membutuhkan peran aktif seluruh masyarakat dan lintas sektor, tidak hanya kesehatan.

“GERMAS harus didukung dengan salah satunya membiasakan olah raga yang rutin,” tuturnya.

Hal ini sesuai dengan tujuh fokus GERMAS yaitu: melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Pada tahap awal, GERMAS secara nasional berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur dan memeriksakan kesehatan secara rutin minimal enam bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit. (R/R10/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.