Menkes Palestina Minta Palang Merah Pantau Kondisi Tahanan

Ramallah, MINA – Menteri Kesehatan Palestina Mai Al-Kila, pada Rabu (15/9) meminta Komite Palang Merah Internasional untuk memantau kondisi kesehatan empat tahanan yang ditangkap kembali oleh pasukan pendudukan Israel setelah melarikan diri dari penjara Gilboa.

Al-Kaila mengatakan pada konferensi video dengan kepala delegasi Komite Internasional Palang Merah di wilayah Palestina, Elise Dubov. Quds Press melaporkan.

“Rakyat Palestina dan kepemimpinan mereka sangat prihatin dengan empat tahanan, dan kami meminta Komite Internasional Palang Merah untuk mengunjungi dan memeriksa mereka serta memastikan kondisinya,” ujarnya.

“Pendudukan Israel tidak memiliki hak berada di atas komunitas internasional dan hukum internasional,” lanjutnya.

Dia tidak mempercayai informasi yang diberikan otoritas penjara pendudukan tentang kondisi kesehatan para tahanan, terutama empat tahanan yang ditangkap kembali.

Menkes Al-Kaila mendapatkan informasi dari Komisi Urusan Tahanan, yang menyebutkan tahanan dipukuli dan dianiaya dalam proses penangkapan tahanan Muhammad Al-Ardah. Al-Ardah dilaporkan patah rahang dan tulang rusuk.

Tahanan lainnya, Al-Zubaidi dipindahkan ke rumah sakit Israel dan diberi obat penghilang rasa sakit hanya setelah penangkapan. Dia menderita memar dan goresan di sekujur tubuhnya akibat pemukulan dan penganiayaan. (T/RS2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.