Menlu Iran: BRICS Sambut Potensi Aksesi Iran ke Blok

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian. (Press TV)

Cape Town, MINA – Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan, anggota kelompok BRICS dari negara-negara berkembang telah menyambut potensi aksesi Iran ke blok yang kuat tersebut.

“Mengingat posisi dan kapasitas geopolitik Iran, anggota utama BRICS menyambut baik aksesi Iran ke kelompok itu,” kata Hossein Amir-Abdollahian kepada wartawan di Cape Town, Jumat (2/6), Press TV melaporkan.

Diplomat tinggi itu menggambarkan pencapaian partisipasinya sebelumnya dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri BRICS di ibu kota Afrika Selatan, di mana dia diundang.

BRICS terdiri dari Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan. Anggota grup ini menampung sekitar setengah dari populasi dunia selain mewakili seperlima dari ekonomi global.

Iran termasuk di antara lebih dari selusin negara yang mencari keanggotaan di blok tersebut dan telah mengajukan permohonan resmi untuk bergabung dengan badan tersebut.

Iran telah menggambarkan tujuannya sejalan dengan negara-negara BRICS.

Tahun lalu, Presiden Ebrahim Raeisi berpidato pada KTT virtual Forum Bisnis BRICS atas undangan China, menggambarkan Iran sebagai “mitra [potensial] berkelanjutan” yang menghubungkan BRICS ke chokepoints energi dan pasar utama di seluruh dunia. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf