Menlu Iran Kunjungi Beirut

Teheran, MINA – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif tiba di Beirut pada Kamis malam (13/8) untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat Lebanon.

Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan, Zarif akan memulai pertemuannya pada Jumat,

Ia berkunjung, setelah ledakan besar menghancurkan sebagian wilayah Ibu Kota Beirut lebih dari sepekan lalu.

Zarif akan membahas “perkembangan terakhir setelah ledakan dahsyat baru-baru ini, bantuan Iran yang sedang berlangsung, dan masalah bilateral lainnya,” kata Kementerian Luar Negeri pada Kamis, tanpa menyebutkan pejabat mana yang akan ditemui Zarif, demikian dikutip dari Nahar Net.

Ledakan besar di pelabuhan Beirut pada 4 Agustus menewaskan 171 orang dan melukai 6.500 orang.

Kunjungan Zarif akan menjadi yang pertama oleh seorang pejabat Iran sejak ledakan itu, yang dilakukan setelah rencana perjalanan Wakil Presiden Pertama Eshaq Jahangiri dibatalkan.

Jahangiri dijadwalkan pada hari Senin sebelumnya berkunjung ke Lebanon, tetapi perjalanan itu dibatalkan setelah Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab mengumumkan pengunduran diri pemerintahannya, kantor berita ISNA melaporkan.

Iran memiliki pengaruh besar di Lebanon melalui Hizbullah, yang sangat terwakili dalam pemerintahan sebelumnya dan memiliki aliansi dengan partainya Presiden Michel Aoun. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)