Menlu Oman Kunjungi Teheran

Teheran, MINA – Menteri Luar Negeri Oman Yousuf Bin Alawi mengadakan pembicaraan dengan Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran Ali Shamkhani dan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di Teheran.

Menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, Ali Shamkhani mengatakan,  upaya Washington untuk membangun aliansi angkatan laut dengan Negara-negara Teluk telah gagal. Demikian MEMO melaporkan, Selasa (3/12).

“Satu-satunya aliansi  yang bisa tetap memberikan keamanan di Teluk dan menyelesaikan masalah, adalah tanpa adanya campur tangan dan pengaruh kekuatan eksternal,” katanya.

“Tidak mungkin memercayai negara yang tidak mematuhi komitmennya dengan Iran, dan negara-negara lain,” tegasnya.

Dia menuduh Pemerintah Amerika Serikat dipimpin Donald Trump dan negara-negara sekutunya, berusaha untuk menjarah wilayah.

Dia menyatakan Amerika dan sekutunya adalah perusak keamanan dan stabilitas kawasan, selain menhadirkan kekacauan dan kehancuran di kawasan itu dengan memicu perang dan mendukung terorisme. Oleh karenanya negara-negara ini tidak akan mendukung inisiatif keamanan atau stabilitas di Teluk.

Dalam pertemuan itu, Shamkhani menyebut perang di Yaman sebagai “bukti kekuatan dan afiliasinya untuk memicu konflik di wilayah tersebut.”

Ia menyerukan Arab Saudi untuk “menghormati kehendak Yaman dan tidak membahayakan keamanan dan stabilitas kawasan lebih jauh.

“Genosida yang sedang berlangsung di Yaman hanya melayani kepentingan musuh perdamaian dan keamanan di kawasan seperti AS dan Israel,” kata pejabat Iran itu. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)