Menlu RI dan Menlu Latvia Tegaskan Komitmen Kerja Sama Bilateral

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L.P. Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Latvia Edgars Rinkēvičs di Komplek Kemlu RI pada Jumat (19/7) (foto: Twitter)

Jakarta, MINA – Indonesia dan Latvia menegaskan komitmen kedua negara untuk meningkatkan kerja sama bilateral di sejumlah bidang.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno L.P. Marsudi pada pernyataan pers setelah pertemuan bilateral dengan Edgars Rinkēvičs di Komplek Kemlu RI pada Jumat (19/7).

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Indonesia dan Latvia sepakati penguatan hubungan bilateral di sejumlah bidang, khususnya di bidang perdagangan, investasi dan people to people contact termasuk pariwisata dan kebudayaan.

Latvia merupakan mitra dagang terbesar Indonesia di kawasan Baltik dengan tren nilai perdagangan yang meningkat dalam lima tahun terakhir. Jumlah wisatawan Latvia yang berkunjung ke Indonesia dalam periode yang sama juga mengalami tren peningkatan yang serupa.

“Saya menghargai inisiatif Menlu Latvia yang telah membawa pengusaha Latvia (sektor teknologi informasi, perkayuan, pendidikan) untuk menjajaki hubungan bisnis dengan mitra pengusaha Indonesia,” kata Menlu Retno.

Pertemuan kedua Menlu ini merupakan pertemuan kedua setelah sebelumnya bertemu di sela-sela pertemuan ASEAN-EU pada bulan Oktober 2016 di Bangkok.

Kunjungan terkait juga merupakan kunjungan kedua kalinya Menlu Rinkēvičs ke Indonesia setelah sebelumnya berkunjung tahun 2012.

Hubungan bilateral Indonesia-Latvia berjalan baik, dan pada tahun 2018 telah dilakukan pertemuan konsultasi bilateral tingkat Direktur Jenderal di Riga, Latvia.

Indonesia menjalin hubungan diplomatik dengan Latvia sejak tahun 1993, atau dua tahun setelah restorasi kemerdekaan Latvia dari Uni Soviet.

“Dalam pertemuan saya berbagi dengan Menlu Rinkēvičs mengenai visi Presiden Joko Widodo untuk lima tahun ke depan, khususnya terkait investasi dan pembangunan sumber daya manusia,” jelas Retno.

Selain membahas isu-isu , kedua Menlu juga membahas isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian bersama, seperti Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik, perundingan Indonesia-EU CEPA, dan kerja sama saling dukung untuk pencalonan masing-masing negara di organisasi-organisasi internasional. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.