Menlu RI: Indonesia, Turki Dorong Penyelesaian Isu Rohingya

Foto: AA

Ankara, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan, Indonesia dan Turki adalah negara yang sangat aktif dalam mendorong penyelesaian isu Rohingya.

Namun, Retno menyayangkan krisis politik yang terjadi di Myanmar membuat masalah Rohingya menjadi semakin sulit untuk diselesaikan

“Sangat disayangkan krisis politik saat ini di Myanmar membuat upaya untuk menyelesaikan masalah Rohingya menjadi semakin sulit,” kata Retno dalam video press briefing usai bertemu dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu di Ankara, Selasa (12/10) malam.

Sementara terkait Afghanistan, kedua Menlu menggarisbawahi kebutuhan dan kepentingan untuk membantu mengatasi situasi politik dan aspek kemanusiaan di negara itu.

“Indonesia dan Turki akan terus melakukan komunikasi cara terbaik bagi kedua negara dan negara sehaluan agar dapat membantu rakyat Afghanistan,” jelas Menlu RI.

Menlu RI melakukan kunjungan ke Ankara, Turki selama dua hari, 11-12 Oktober 2019, dalam rangka pertemuan bilateral resmi kedua negara.

Dalam agenda tersebut, selain bertemu dengan Menlu Turki, Retno juga melakukan kenjungan kehormatan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan dengan asosiasi konstruksi Turki. (L/RE1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)