Menlu RI Sambut HUT Kemlu RI ke-75

Menlu RI Retno Marsudi (foto: Kemlu RI)

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan sambutannya dalam peringatan ulang tahun yang ke-75 Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI pada Rabu (19/8).

“Hari ini 19 Agustus 2020 merupakan hari yang sangat penting bagi Kemlu. Hari ini kita memperingati ulang tahun ke-75. Selamat ulang tahun bagi semua tim dan keluarga besar Kemlu,” kata Menlu dalam keterangan persnya.

Peringatan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dirayakan di tengah situasi pandemi sehingga tidak dapat melakukan silaturahmi secara langsung.

Menlu mengingatkan, penting dari misi politik luar negeri yang dilakukan oleh Kemlu. Bulan ini juga merupakan bulan yang sangat penting, mengingat selama bulan Agustus ini, Indonesia memegang presidensi Dewan Keamanan PBB.

“Sebuah tugas yang berat yang harus ditunaikan sebaik mungkin,” ujar Retno.

Meskipun selama kurang lebih 6 bulan berada dalam situasi pandemi, menurut Retno, mesin diplomasi terus berjalan bahkan sejak sebelum kasus COVID-19 ditemukan di Indonesia.

Hingga Selasa (18/8), sudah lebih dari 141 ribu orang WNI dievakuasi dan diberikan fasilitasi untuk melakukan repatriasi secara mandiri.

Sudah lebih dari setengah juta sembako dan peralatan kesehatan Kemlu bagikan kepada WNI di luar negeri.

Para diplomat juga berada di garda depan saat berbagai keperluan peralatan kesehatan diperlukan bangsa ini di awal-awal pandemi.

“Beberapa titik kritis dapat kita lalui karena kontribusi para diplomat Indonesia. Sampai saat inipun, kita masih bersama-sama dengan berbagai,” kata Retno.

“Menjelang 2021 akan menjadi titik kritis, apakah kita akan dapat memperoleh vaksin yang berkualitas, aman, dengan harga terjangkau,” tambah Menlu perempuan pertama Indonesia itu. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.