Menlu Ukraina: Kunjungan Zelenskyy ke AS untuk Perkuat Pertahanan

Pertemuan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy bertemu Presiden AS Joe Biden di Washington, Kamis, 22 Desember 2022. (Foto: dok. AA)

Washington, MINA – Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba mengatakan, kunjungan Presiden Volodymyr Zelenskyy ke AS tidak bersifat simbolis, melainkan ditujukan untuk memperkuat pertahanan negara.

“Hari bersejarah di Washington, kekaguman mutlak orang Amerika terhadap Ukraina dan Presiden Zelenskyy. Kunjungan ini sekarang menjadi acara nomor satu di Amerika dan dunia. Tapi kunjungan ini bukan tentang simbolisme, tapi tentang keputusan konkret yang memperkuat pertahanan Ukraina,” tulis Dmytro Kuleba di Facebook, Kamis (22/12), Anadolu Agency melaporkan.

Menyambut keputusan AS untuk menyediakan sistem pertahanan udara Patriot bagi Ukraina, Kuleba mengatakan bahwa Kiev akan menerima baterai Patriot pertama “segera”, yang ia garis bawahi akan membawa “tingkat perlindungan udara yang benar-benar baru.”

Dia lebih lanjut mengatakan bahwa penantian mereka untuk mendapatkan sistem pertahanan udara Patriot berakhir dengan percakapan telepon antara Zelenskyy dan Presiden AS Joe Biden pada awal Desember.

“Tidak diragukan lagi, hubungan dekat dan saling percaya antara presiden yang memainkan peran kunci … Dan yang paling penting: kisah ‘Patriot’ adalah contoh lain dari fakta bahwa hal yang tidak mungkin menjadi mungkin jika Ukraina melakukannya,” tambah Kuleba.

Zelenskyy meninggalkan negaranya pada Rabu (21/12) untuk pertama kalinya sejak Rusia meluncurkan “operasi militer khusus” 10 bulan lalu untuk berkonsultasi dengan Biden dan pejabat AS di Washington.

Sementara itu, Rusia telah memperingatkan Washington agar tidak memberikan sistem tersebut kepada Ukraina, dengan mengatakan Kamis pekan lalu bahwa setiap pengiriman akan meningkatkan risiko keterlibatan langsung Washington dalam konflik tersebut. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.