Menpora Akan Bertemu Pelatih Baru Timnas Sepak Bola Indonesia

Jakarta, MINA – Menpora Zainuddin Amali  berencana akan bertemu dengan pelatih baru timnas sepakbola Indonesia, Shin tae-yong, pada 13 Januari nanti,  hari pertama pelatih asal Korea Selatan itu bertugas menangani Tim-tim Garuda.

Pada pengujung tahun 2019, PSSI secara resmi mengumumkan penunjukkan sebagai pelatih tim nasional (timnas) Indonesia. Kedatangannya seakan membuka harapan bagi timnas dalam memulai babak baru sepak bola Indonesia ke arah yang lebih positif.

“Beri dia kesempatan untuk membuktikan dan melaksanakan program-programnya, mudah-mudahan bisa berjalan baik sehingga ada harapan optimisme baru bagi pesepakbolaan Indonesia,” kata Menpora Zainudin Amali kepada wartawan di Jakarta, yang dikutip MINA, Kamis (2/1).

Pelatih asal Korea Selatan itu telah menandatangani kontrak bersama PSSI untuk durasi selama empat tahun, dengan target jangka pendek menangani  timnas senior yang ditargetkan juara Piala AFF 2020. .

Shin juga akan memikul tanggung jawab membina berjenjang timnas sejak yunior untuk memulai babak baru ke tren yang lebih maju.

Untuk ini ia juga mendapat tugas khusus melatih timnas U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia 2021. Terlebih Indonesia akan menjadi tuan rumah kejuaraan tersebut.

Tumpuan besar PSSI kepada Shin untuk memperbaiki kualitas timnas Indonesia itu juga dapat dimaklumi dengan statusnya yang pernah mencatatkan sejarah bagi Korea Selatan yang mampu mengalahkan Jerman 2-0 pada fase penyisihan grup Piala Dunia Rusia 2018.

Menanggapi hal tersebut, Shin pun optimistis, meskipun Indonesia berada di peringkat ke-173 FIFA, ia bisa memperbaiki satu demi satu masalah yang kini dihadapi. Pernyataan itu seolah menebar keyakinan bagi timnas Indonesia untuk meraih titel juara di bawah asuhannya.

“Memang Indonesia sekarang peringkat ke-170-an tapi tidak masalah. Sedikit demi sedikit kita akan maju dan perbaiki. Memang tidak akan bisa terburu-buru juara,” kata Shin seusai meneken kontrak di Stadion Pekansari, Bogor, Sabtu (28/12).

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk berprestasi bersama Indonesia karena harapan besar untuk bisa membawa Indonesia,” katanya. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.