MENTERI PARIWISATA TARGETKAN LEBIH 100 RIBU WISATAWAN

Logo Peringatan Konferensi Assia-Afrika ke-60. (Sumber: InfoBandung)
Logo Peringatan Konferensi Assia-Afrika ke-60. (Sumber: InfoBandung)

Jakarta, 5 Jumadil Akhir 1436/25 Maret 2015 (MINA) – Menteri Pariwisata RI Arief Yahya mengatakan selama berlangsung Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 18-24 April 2015 di Bandung dan Jakarta, ditargetkan mampu menarik 100 ribu wisatawan nusantara (wisnus) dan 2.500 wisatawan manca negara (wisman).

“Target kita untuk pariwisata, 100 ribu orang wisnus akan hadir dalam sejumlah side event KAA di Bandung. Ini kesempatan untuk Kota Bandung bisa meraup Rp 100 miliar pemasukan ditambah wisman yang sampai hari ini sudah mencapai 2.500 orang, yaitu dari delegasi 1.500 orang, wartawan 500 orang, dan peserta parade 500 orang,” ungkap Arief pada Jumpa Pers bersama Panitia Nasional Peringatan KAA di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, kemarin sebagaimana siaran pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Menurutnya, jumlah wisman dan wisnus sudah pasti nilainya triliunan rupiah.

“Tapi yang lebih penting adalah media eksposure-nya paling tinggi. Kita tengah menghitungnya, hampir pasti nilainya triliunan yang diekspos seluruh dunia. Jadi rekan-rekan media ingin berpartisipasi silakan untuk ikut mempromosikan ini baik secara nasional mau pun internasional,” ujar Arief.

Menpar mengatakan target wisnus itu bisa dilihat dari weekend di Bandung yang bisa menampung 20 ribu wisatawan nusantara. Apalagi saat Peringatan KAA.

“Jadi untuk menarik wisatawan nusantara itu mudah sekali. Wisman juga bukan hal yang sulit. Akan ada pemasukan daerah sekitar Rp 100 miliar,” harapnya.

Kementerian Pariwisata sendiri, sebagai penanggungjawab kegiatan side event, menganggarkan dana sekitar Rp 10 miliar untuk suksesnya Peringatan KAA.

Berdasarkan informasi yang diperoleh untuk sementara ini dari 109 negara yang diundang dalam Peringatan KAA 2015, sebanyak 85 negara sudah menyatakan kehadirannya. Termasuk 25 peserta yang akan menghadirkan kepala negaranya. (T/R05/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0