Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

MER-C Kirim Tim Relawan ke Afghanistan

sri astuti - Kamis, 28 Desember 2023 - 13:26 WIB

Kamis, 28 Desember 2023 - 13:26 WIB

4 Views

Logo di Kantor pusat MER-C di Jakarta. (Foto: MINA)

Jakarta, MINA – Lembaga Kegawatdaruratan Medis, MER-C Indonesia, mengirimkan tim relawan ke Afghanistan untuk membantu langsung kondisi pengungsi di Herat yang terdampak gempa awal Oktober lalu, yang menelan sekitar 4.000 korban jiwa.

Dalam laporan tertulisnya, Kamis (28/12) Tim Relawan MER-C itu mengatakan, mereka menyalurkan bantuan obat-obatan dan alat medis, sebab angka kebutuhan barang-barang tersebut masih sangat tinggi, menurut kabar di media, kedutaan Afghanistan dan warga lokal sendiri.

Tim juga akan pemberian edukasi misalnya pembersihan luka karena menurut laporan, banyak luka-luka kecil yang tidak tertangani dengan tepat, akibatnya meluas menjadi infeksi. Kemudian edukasi para wanita yang umumnya terkena jamur, serta edukasi-edukasi lainnya terkait medis.

Selanjutnya, Tim akan mengunjungi dan bekerja sama dengan klinik di pengungsian serta mengunjungi rumah sakit di Herat. Apabila memungkinkan, Tim bisa melakukan kegiatan medis di rumah sakit tersebut.

Baca Juga: BAZNAS, LAZ Se-Indonesia Rencanakan Pembangunan Rumah Sakit di Palestina

Tim Relawan MER-C telah berangkat ke Afghanistan sejak 14 Desember 2023 dan akan menjalankan misi maksimal selama tiga pekan. Namun jika Tim di lapangan sudah selesai mengerjakan target yang direncanakan, maka akan pulang sebelum waktu maksimal tersebut.

MER-C merupakan lembaga kegawatdaruratan medis yang telah melaksanakan lebih dari 300 misi kemanusiaan bencana alam, perang dan konflik, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tim terdiri dari Tonggo Meaty Fransisca sebagai Ketua Tim, Rio Wikanjaya, Dokter Spesialis Ortopedi, Ita Muswita, Ade Adrian dan Wirsal Harahap yang ketiganya merupakan perawat bedah. (R/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Ruas Tol Trans Sumatera di Jambi dan Sumut

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Palestina
Internasional