Mesir Bahas Sudan Selatan di Liga Arab

Menteri Luar Negeri Mesir Sameh bersama menteri Selatan Mayiik Ayii Deng di Istana Presiden Salva Kiir di Juba, Senin, 12 Maret 2018. (Foto: Joseph Oduha/Nation Media Group)

Juba, MINA – Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry pada Senin (12/3) mengadakan pembicaraan dengan Presiden Republik Sudan Selatan Salva Kiir Mayardit. Mereka mendiskusikan permintaan Juba untuk bergabung dengan .

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Mesir Ahmed Abou Zeid mengatakan, pertemuan Shoukry dan Kiir yang diadakan di ibu kota Sudan Selatan, Juba, telah membahas cara untuk meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara dan juga sejumlah isu regional perhatian bersama. Demikian dilaporkan Middle East Monitor (MEMO) yang dikutip MINA.

Dalam pertemuan tersebut, Shoukry menyampaikan sebuah pesan tertulis dari Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi kepada Kiir,dia memuji upaya Kiir untuk mencapai stabilitas dan pembangunan di Sudan selatan.

Di sela-sela pertemuan tersebut, Shoukry dan Menteri Kabinet Sudan Selatan, Martin Elia Lomoro, menandatangani MoU untuk membentuk mekanisme konsultasi politik antara kedua negara.

Pemerintah Sudan Selatan baru-baru ini mengumumkan, mereka telah mengajukan status pengamat di Liga Arab, sehingga dapat berkontribusi dalam diskusi mengenai isu-isu vital yang menyangkut masa depan negara dan kawasan ini.

Sejak 2013, Sudan Selatan menjadi lokasi perang sipil yang memaksa pasukan pemerintah melawan kelompok oposisi bersenjata. Meskipun kesepakatan damai 2015 ditandatangani antara kedua belah pihak, konflik diperkirakan telah menewaskan sekitar 10.000 orang. (T/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.