Mesir Buka Pintu Rafah Sepanjang Ramadhan

Kairo, MINA – Pemerintah   mengumumkan akan membuka di sepanjang bulan suci Ramadhan untuk memungkinkan akses warga Palestina ke Gaza dan dunia luar.

“Saya telah menginstruksikan kepada badan-badan yang bersangkutan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melanjutkan pembukaan penyeberangan perbatasan Rafah selsms bulan suci Ramadhan, untuk meringankan beban saudara-saudara di Jalur Gaza,”kata  Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi dalam posting di halaman Facebook resminya.

Pekan lalu, Mesir mengumumkan pembukaan penyeberangan di kedua arah selama empat hari, dimulai pada hari Sabtu, sebelum mengumumkan Senin lalu bahwa itu akan menjaga perbatasan tetap terbuka, menurut media setempat. Demikian MEMO melaporkan dikutip MINA, Jumat (18/5).

Penyeberangan perbatasan Rafah antara Jalur Gaza yang diblokade Israel dan Mesir,  hanya sekali-sekali dibuka sejak Al-Sisi berkuasa, setelah ia menggulingkan Muhammad Mursi dalam kudeta militer pada Juli 2013.

Selama ini penyeberangan Rafah hanya dibuka dalam jangka waktu-waktu singkat, biasanya hanya memungkinkan pasien mengakses pengobatan di Mesir, mahasiswa yang kuliah. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0