MESIR LUNCURKAN KOIN SATU POUND EDISI TERUSAN SUEZ BARU

(Foto: SIS)
Uang logam Satu Pound edisi Baru.(Foto: SIS)

Kairo, 23 Dzulqa’dah 1436/7 September 2015 (MINA) – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Mesir awal September ini meluncurkan uang logam Satu Pound edisi Terusan Baru dan sudah habis terjual 1,5 juta koin.

Penasihat Menteri Keuangan Mesir, Syaref Hazem menyatakan, antusiasme masyarakat sangat besar untuk memiliki koin edisi khusus tersebut, demikian Atdik Kairo melaporkan sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin (7/9).

Untuk memenuhi keinginan masyarakat, Divisi Pencetakan Uang Kemenkeu Mesir saat ini sedang menyiapkan satu juta koin lagi untuk diluncurkan pekan depan.

Tidak ada perubahan mencolok antara koin Satu Pound biasa dengan koin Satu Pound edisi Terusan Suez baru. Di satu sisi mata uang, kedua edisi sama-sama bertuliskan Satu Pound Mesir.

Yang membedakan hanya sisi lainnya yang memuat ukiran logo Terusan Suez yang baru pada edisi khusus, sementara pada edisi biasa sisi mata uang tersebut bergambar topeng emas Tut Ankh Amun.

Karena diluncurkan bertepatan dengan pembukaan Terusan Suez Baru, maka tahun terbit mata uang logam tersebut tercatat tahun 2015.
Koin tersebut dapat diperoleh di bank-bank Mesir dengan harga yang sama dengan nilainya, yakni 1 Pound Mesir. Akibat antusiasme masyarakat yang berlebihan, Pemerintah Mesir menetapkan bahwa setiap orang hanya boleh membeli maksimal 50 koin.

Terusan Suez Baru yang diresmikan Presiden As-Sisi pada 8 Agustus lalu merupakan kebanggan rakyat Mesir. Beberapa hari menjelang peresmian, jalanan seantero Mesir sudah berhias. Upacara peresmian Terusan Suez Baru pun disambut dengan gegap gempita oleh masyarakat Mesir.(T/R05/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0