Mesir Peringatkan Israel untuk Tidak Kobarkan Perang

Kairo, MINA – Presiden Abdel Fattah memperingatkan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin yang baru dilantik, untuk tak mengambil tindakan-tindakan yang dapat mengobarkan peperangan, terutama dengan Palestina.

Sisi menyampaikan hal itu saat berbicara melalui sambungan telepon dengan Netanyahu beberapa saat setelah pelantikannya sebagai perdana menteri Israel. Demikian rilis kantor kepresidenan Mesir, sebagaimana dikutip Al-Jazeera.

Sementara itu, pihak Israel mengungkapkan, Netanyahu dan Sisi membahas hubungan bilateral Israel-Mesir dalam percakapan mereka.

“(Mereka) menekankan pentingnya mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan keamanan demi kedua bangsa dan semua bangsa di Timur Tengah,” demikian rilis resmi dari pemerintah Israel.

Netanyahu telah resmi dilantik sebagai Perdana Menteri Israel pada 29 Desember lalu.

Sebelum dilantik, Netanyahu telah menyampaikan bahwa salah satu prioritas kebijakannya adalah memperluas permukiman di wilayah Palestina yang diduduki.

Juru bicara Otoritas Palestina Nabil Abu Rudeineh mengatakan, Rakyat Palestina memiliki hak untuk mendirikan negara merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, yang merupakan dasar untuk mencapai perdamaian yang adil berdasarkan resolusi legitimasi internasional. (R/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.