Meski Diblokade Israel, RS Al-Amal Berhasil Lakukan Operasi Caesar

Gaza, MINA – Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) mengumumkan, Rumah Sakit (RS) Al-Amal di Kota Khan Younis, Gaza selatan berhasil melakukan tindakan operasi caesar, sehingga menyelamatkan seorang ibu dan bayinya.

“Di tengah serangan dan blokade yang sedang berlangsung di RS Al-Amal, tim medis berhasil mencatatkan prestasi luar biasa pagi ini dengan melakukan operasi caesar darurat terhadap seorang ibu hamil yang mengalami nyeri persalinan mendadak,” kata PRCS di X, seperti dikutip dari Middle East Monitor, Ahad (18/2).

“Meskipun menghadapi tantangan seperti kantong darah yang tidak mencukupi, tidak adanya teknisi anestesi dan kekurangan neonatologi, tim berhasil menyelesaikan operasi, memastikan keselamatan baik bayi dan ibunya, yang saat ini dalam kondisi baik,” tambahnya.

Baca Juga:  Abu Obeida: Netanyahu Pilih Bunuh Pasukannya daripada Ambil Kesepakatan

Selama berpekan-pekan, tentara pendudukan Israel meningkatkan serangannya terhadap sistem layanan kesehatan di Khan Younis. Dalam beberapa hari terakhir, pendudukan memaksa ribuan warga Palestina meninggalkan rumah sakit Al-Amal dan Kompleks Medis Nasser.

Rabu (14/2) lalu, PRCS mengumumkan sekitar rumah sakit Al-Amal telah menjadi sasaran pemboman Israel yang menghacurkan bangunan-bangunan.

Sejak Januari 2024, tentara pendudukan Israel telah meluncurkan serangkaian serangan udara dan artileri yang intens di Khan Younis serta area sekitar rumah sakit di kota itu di tengah rencana serangan darat. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi