Meski Kalah dari Prancis, Penampilan Heroik Maroko Dipuji

Pertandingan Prancis versus Maroko di semifinal Piala Dunia 2022 di Qatar, Rabu, 14 Desember 2022. (Foto: dok. Opoyi.com)

Doha, MINA – Orang-orang Arab di seluruh dunia memuji tim sepak bola atas penampilan heroik mereka di Piala Dunia melawan Prancis pada hari Rabu, 14 Desesmber 2022.

Tim Afrika Utara itu kalah 2-0 dari Prancis, tetapi membuat sejarah sebagai tim pertama dari benua dan dunia Arab yang mencapai semifinal Piala Dunia.

Dikutip dari The New Arab, Kamis (15/12), penggemar sepak bola menggambarkan Atlas Lions sebagai pemenang Piala Dunia untuk “jutaan” orang di seluruh dunia dan memberi selamat kepada mereka, karena mewakili “bagian dunia yang kurang terwakili” dalam “pertunjukan ketahanan dan kerja keras yang luar biasa”.

“Mereka membuat Maroko bangga, mereka membuat Afrika bangga, dan mereka membuat Muslim di seluruh dunia bangga,” tulis pengguna Twitter Anisa.

“Mereka membuat sejarah baru Piala Dunia, bermain di level tim & pemain terbaik; mereka mewakili bagian dunia yang kurang terwakili dalam sepak bola & menyatukan begitu banyak orang. Maroko menunjukkan apa yang mungkin & itu harus dirayakan,” tulis produser media Sana Saeed.

Banyak penggemar juga menyoroti “rasa hormat”  kepada tim Maroko yang membawa bendera Palestina.

“Terlepas dari kekalahan malam ini, Maroko memiliki perjalanan yang fantastis di piala dunia, mereka memainkan sepakbola yang luar biasa, memberikan beberapa momen indah dan menyoroti perjuangan Palestina, sangat menghormati mereka,” tulis pengguna Twitter Haroon.

Banyak juga yang menyebut prestasi mereka sepanjang Piala Dunia sebagai kemenangan bagi umat Islam, Timur Tengah, Afrika, dan Palestina.

“Islam, budaya Arab dan Palestina adalah pemenang utama Piala Dunia Qatar tahun ini,” tulis jurnalis Robert Carter.

Beberapa penggemar juga mengungkapkan kekecewaan mereka bahwa Maroko tidak berhasil mencapai final, dengan men-tweet “Dima Maghrib”, yang diterjemahkan berarti “Maroko selamanya”.

“Sedih dan hancur untuk Maroko. Mereka menjinakkan Prancis dan tidak pantas kalah malam ini. Namun, saya merasa sangat bangga dengan Lions of Atlas,” tulis pengguna Twitter Wirjil. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.