Mock Up Pesawat Terbang dan Ruang Pemutaran Film di Asrama Haji

Tangerang, MINA – Kementerian Agama terus melengkapi sarana dan fasilitas pelayanan kepada jemaah di , misalnya mock up pesawat sebagai ruang sosialisasi fasilitas dan layanan dalam penerbangan, ruang  pemutaran film untuk penayangan manasik haji.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis mencontohkan, bahwa di tahun 2020, di asrama haji antara Gorontalo akan dibangun . Demikian laman resmi Kemenag menyebutkan, Rabu (22/1).

“Ke depan dalam rangka meningkatkan pemahaman jemaah, semua asrama embarkasi maupun embarkasi antara punya prototipe mock up pesawat,” ucap Muhajirin saat membuka Acara Bimtek Penyusunan dan Revisi Anggaran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), di Bintaro, Tangerang, Selasa (21/1).

Acara tersebut diikuti oleh 29 Kakanwil Kementerian Agama se Indonesia dan 10 UPT Asrama Haji.

“Kalau ada anggarannya tentu setiap tahun kita bangun,” tambahnya.

Tujuan dibangunnya mock up pesawat di asrama haji adalah sebagai sarana sosialisasi dan praktik naik pesawat. Dengan begitu, jemaah haji Indonesia bisa memahami fasilitas dalam pesawat, mulai dari penggunaan sabuk pengaman, toilet, dan lainnya.

Selain mock up pesawat, asrama haji juga akan dilengkapi studio film manasik. Salah satu contohnya adalah asrama haji transit Yogyakarta. “Kami juga akan bangun studio film manasik di beberapa asrama haji,” tambahnya.

“Pembangunan studio untuk manasik ini sebagai sarana penyampaian materi secara audio visual. Setelah itu, jemaah haji melakukan praktek langsung di lapangan,” ucap Muhajirin.

Film manasik yang ditayangkan, lanjut Muhajirin, mulai dari proses pemberangkatan dari Tanah Air hingga proses ibadah di Tanah Suci. “Digambarkan juga suasana Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sehingga ketika jamaah haji tiba di Tanah Suci, mereka tidak merasa asing lagi,” ucapnya.

“Jadi kita dekatkan seperti yang ada di sana,” ujarnya. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.